Ini Komisioner KPU Lampung 2014-2019

id KPU Lampung, KPU, Dtuk, Komisioner, Pemilu, Pilkada, Pigub, Nanag Trenggono, Safnijal Datuk Sinaro

Lima Komisioner KPU Lampung yang dilantik itu, tiga di antaranya adalah "incumbent" anggota KPU Lampung sebelumnya, yaitu Nanang Trenggono, Handi Mulyaningsih, dan Sholihin."
Bandarlampung (Antara Lampung) - Setelah sempat diperpanjang jabatannya untuk melaksanakan pemilihan gubernur, pemilu legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, akhirnya lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung periode 2014-2019 telah ditetapkan dan langsung dilantik oleh KPU Pusat di Jakarta.
        
Salah satu Komisioner yang terpilih kembali, Nanang Trenggono, sebelumnya adalah Ketua KPU Lampung dan kini kembali terpilih menjadi Komisioner KPU Lampung, saat dihubungi dari Bandarlampung, Rabu malam, membenarkan penetapan dan pelantikan itu.
        
Informasi dari KPU Pusat, pelantikan lima Komisioner KPU Lampung itu dilakukan oleh Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik di kantor KPU Pusat di Jakarta.
        
Lima Komisioner KPU Lampung yang dilantik itu, tiga di antaranya adalah "incumbent" anggota KPU Lampung sebelumnya, yaitu Nanang Trenggono, Handi Mulyaningsih, dan Sholihin.
        
Dua Komisioner lainnya adalah Ahmad Fauzan (akademisi/dosen) dan M Tio Aliansyah, sebelumnya Komisioner KPU Kabupaten Lampung Utara.
        
Satu orang 'incumbent' yang masuk 10 besar dan tidak lolos menjadi Komisioner lagi adalah Firman Seponada (jurnalis). Sebelumnya dalam tahapan seleksi awal, Komisioner KPU Lampung sebelumnya, Edwin Hanibal (mantan Direktur LBH Bandarlampung), juga gagal masuk nominasi 10 besar anggota KPU Lampung 2014-2019.
        
Berdasarkan hasil kerja Tim Seleksi KPU Lampung ditetapkan sepuluh kandidat yang berhak mengikuti tahapan berikutnya, fit and proper test oleh KPU Pusat.
      
Sepuluh besar calon anggota KPU Lampung ini adalah Ahmad Fauzan (dosen), Banon Eko Susetyo (dosen), Erlina (anggota KPU Lampung Selatan), Firman Seponada (anggota KPU Lampung), Handi Mulyaningsih (anggota KPU Lampung), M Tio Aliansyah (anggota KPU Lampung Utara), Nanang Trenggono (Ketua KPU Lampung), Sholihin (anggota KPU Lampung), Sudiyanto (swasta), dan Syafnijal Datuk Sinaro (wartawan).
        
Sejumlah pihak berkali-kali telah mendesak agar KPU Pusat segera mengganti para komisioner KPU Lampung, termasuk mengingatkan agar Tim Seleksi dan KPU Pusat benar-benar dapat memilih calon yang berkualitas, memiliki integritas dan kapabilitas sebagai komisioner KPU Lampung