SMAN I Pangururan Pukau Wisatawan Di Bali

id Kabupaten Samosir

Nusa Dua (Antara Lampung) - Ratusan wisatawan asing terpukau menyaksikan pementasan kesenian dari Sanggar Seni Budaya Si Bunga Jambu SMAN 1 Pangurupan, Samosir, Sumatera Utara, di Nusa Dua Fiesta (NDF) 2014.
         
Gerak tarian yang dipadukan dengan alat musik dan gamelan tersebut membuat wisatawan asing dan nusantara yang memadati areal NDF di Pulau Peninsula, Nusa Dua tersebut terasa dihipnotis untuk bertahan menyaksikan kesenian itu.
         
Menurut Pimpinan Sanggar Seni Budaya Si Bunga Jambu Marlita Simbalon Spd di Nusa Dua, Bali, Sabtu mengatakan pihaknya menyertakan tujuh orang penari dan empat penabuh gamelan.
         
Adapun tarian yang dibawakan pada ajang NDF ini, antara lain Tari Somba-Somba, Sisawan, Sihutur Sangul dan permainan gendang.
         
"Tarian Somba-Somba adalah tarian pembuka dalam suatu hajatan budaya. Tarian ini  juga disebut sebagai tarian selamat datang bagi undangan atau pengunjung," katanya.
         
Sedangkan atraksi kesenian Engang adalah suatu tarian tradisi yang sudah turun-temurun sebagai tarian untuk pembersihan area upacara dan penolak bala.

         
"Biasanya setiap ada upacara budaya di daerah kami pasti mementaskan dua kesenian itu," ucap Marlita yang juga guru pengajar di SMAN 1 Pangurupan itu.
         
Ia mengatakan sanggar yang dipimpin ini baru pertama kali pentas di NDF. Oleh karena itu pihaknya merasa bangga bisa tampil dan ditonton wisatawan asing.
         
"Kami berharap dengan kesenian ini, daerah kami (Samosir) akan semakin lebih dikenal. Sebab Bali adalah pintu gerbang untuk melakukan promosi pariwisata," ucapnya.
         
Sementara itu, Ketua NDF Ida Bagus Abdhi mengatakan dalam ajang NDF yang digelar selama lima hari hingga Selasa (14/10) mementaskan berbagai seni dan budaya, olahraga dan pameran dari berbagai daerah di Indonesia.
         
"Berbagai seni budaya dipentaskan, baik kesenian Bali maupun dari sejumlah kabupaten dan provinsi di Tanah Air," katanya.***2***

Redaktur : Hisar Sitanggang