Harga Ikan Air Tawar di Waykanan Naik

id Harga Ikan Air Tawar

Waykanan (ANTARA Lampung) - Kondisi pasokan yang berkurang mengakibatkan harga ikan air tawar di pasar tradisional Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung mengalami kenaikan.

Sejumlah masyarakat konsumen pembeli ikan, di Blambanganumpu Kabupaten Waykanan, Jumat (10/10), mengeluhkan tingginya kenaikan harga ikan yang dipicu minim pasokan sehingga tidak mampu mengimbangi permintaan. 

Harga ikan lele di Pasar Pemda Waykanan yang berada di Blambanganumpu naik signifikan, dari Rp22 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu per kilogram atau naik Rp3 ribu per kg.

Kecenderungan kenaikan harga ikan air tawar itu juga terjadi di Kota Bandarlampung.

Menurut para pedagang ikan di Bandarlampung, selain ikan air tawar, ikan laut saat ini pasokannya juga berkurang, sehingga harganya juga meningkat.

Pasokan ikan laut dari nelayan di sekitar Teluk Lampung saat ini menyusut, menyusul kondisi cuaca dan keadaan terang bulan yang masih berlangsung.

Beberapa nelayan di Teluk Lampung membenarkan hasil tangkapan ikan saat ini cenderung menurun, karena sedang tidak musim ikan.

Kondisi itu juga dikeluhkan para pemancing di kawasan Teluk Lampung dan sekitarnya yang mengaku minim perolehan hasil memancing yang dilakukan dalam beberapa pekan ini.

Menurut mereka, bukan hanya nelayan yang hasil tangkapannya menyusut, tapi para pemancing ikan pun berkurang memperoleh ikan, kendati sudah memancing di kawasan laut agak ke tengah menjauhi pulau-pulau setempat.