Bupati Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

id bupati waykanan, bustami zainudin, blambangan umpu, pupuk organik

Bupati  Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

Bupati Waykanan, Bustami Zainudin (Foto Lampung.antaranews.com/dok)

Banyak makan ikan dianjurkan karena dipercayai dapat menanggulangi sejumlah penyakit,"
Waykanan, Lampung, (ANTARA Lampung) - Bupati Waykanan Provinsi Lampung Bustami Zainudin mengajak warganya gemar mengonsumsi ikan karena bermanfaat bagi kesehatan.
        
"Banyak makan ikan dianjurkan karena dipercayai dapat menanggulangi sejumlah penyakit," ujar Bustami, di Blambangan Umpu Waykanan, Jumat.
        
Ketua DPC PDI Perjuangan Waykanan itu menambahkan, ikan memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan otak pada anak-anak dan menekan risiko penyakit jantung pada pria maupun perempuan.
        
"Sebagian besar ikan berdaging putih, dan ikan berdaging gelap seperti tuna sirip kuning atau pun sebagian jenis kerang serta makanan laut lainnya memiliki kandungan lemak yang paling rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya," katanya.
        
Menurut Bustami, ikan memiliki kandungan kaya akan vitamin A, D, fosfor, magnesium, selenium, yodium serta kalsium.
         
"Secara mendasar ikan memiliki protein hewani yang sama dengan daging sapi, namun kelebihan ikan adalah tidak memiliki lemak yang tinggi dan protein serta nutrisinya sangat mudah diserap tubuh. Ikan memiliki kandungan lemak jenuh paling sedikit dibandingkan dengan protein hewani lainnya seperti ayam, daging atau bahkan udang dan lobster. Lemak jenuh memiliki peran paling aktif menaikkan kadar kolesterol dalam darah," katanya lagi.
        
Ia menambahkan, makan ikan dapat mengurangi peradangan dan sakit sendi, seperti ikan tuna, makarel, dan sarden bisa menjadi pilihan yang bagus untuk ibu-ibu sedang hamil dan menyusui.