IBI Darmajaya Gelar Festival Film Pendek

id Mahasiswa IBI Darmajaya Ciptakan Pengatur Bendungan Otomatis

IBI Darmajaya Gelar Festival Film Pendek

Kampus IBI Darmajaya (Foto antaralampung.com/dok).

Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Festival film pendek yang digelar Cinema 21 di Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung pada pertengahan Oktober 2014 akan menghadirkan dua sutradara nasional.
        
Penanggung jawab lokal festival itu, Agusta Hidayatullah, di Bandarlampung, Kamis, menyatakan bahwa dua sutradara itu rencananya mengisi acara diskusi dan workshop tentang penyutradaraan film pendek pada acara tersebut.
        
Dua sutradara itu adalah Angga D Sasongko, sutradara film "Cahaya dari Timur" dan "Surat untuk Amanda", serta Yandy Laurens sutradara pemenang XXI SFF 2013.
        
"Keduanya merupakan sutradara yang sudah berpengalaman di dunia perfilman, khususnya film pendek. Keduanya akan melakukan bedah film dan berbagi pengetahuan serta pengalaman di dunia perfilman kepada para sineas di Lampung. Dilaksanakan dengan konsep diskusi, pada workshop tersebut para peserta diberi kebebasan untuk berkonsultasi maupun berbagi informasi tentang perfilman," katanya lagi.
        
Dia menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, persiapan pelaksanaan XXI Short Film Festival 2015 ini cukup panjang, yaitu pendaftaran untuk kompetisi film pendek dimulai dari 8 September 2014 dan akan ditutup pada 8 Desember 2014.
        
"Ada tiga kategori kompetisi film pendek yang bisa diikuti oleh para pembuat film amatir dan profesional di Indonesia, yakni film pendek fiksi, animasi dan dokumenter," ujar Agusta.
        
Pada XXI Short Film Festival ini, akan dipilih tujuh pemenang yang terdiri dari tiga pilihan juri, tiga pilihan media, dan juga penghargaan khusus dari penonton, mencakup film pendek fiksi naratif terbaik, dokumenter terbaik, animasi terbaik, fiksi naratif pilihan media, dokumenter pilihan media, animasi pilihan media, dan favorit pilihan penonton.       

"Seluruh pemenang ini akan mendapatkan penghargaan berupa uang tunai dan penghargaan khusus lainnya dari Cinema 21. Selain itu, film-film pemenang akan diputar di jaringan bioskop Cinema 21 seusai festival," katanya lagi.
        
Dipercaya menjadi tuan rumah Roadshow XXI SFF 2015, Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Darmajaya Computer & Film Club (UKM DCFC) IBI Darmajaya, Gusti Arifky, mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam event bergengsi tersebut.
        
Dia berharap event ini akan semakin memotivasi para anggota DCFC untuk lebih baik lagi, terutama dalam menghasilkan karya film terbaik.
        
"Bangga sekali, karena pada event perdananya di Lampung, kami telah dilibatkan," ujarnya.
        
Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi SE MA, menyambut baik rencana penyelenggaraan XXI Short Film Festival 2015 di IBI Darmajaya.
        
Dia mengimbau kepada seluruh mahasiswa untuk bisa menggali ilmu sebanyak mungkin dari perhelatan tersebut, dan melalui event ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa untuk menghasilkan karya perfilman yang lebih berkualitas baik dari segi teknis maupun estetis.