Indonesa Terpaut Satu Emas Dengan Malaysia

id indonesia, bulu tangkis, peringkat naik, emas kedua, asian games ke-17 2014, logo asian games

Indonesa Terpaut Satu Emas Dengan Malaysia

Logo Asian Games 2014 (Foto Istimewa)

Incheon, (ANTARA Lampung) - Hingga hari ke-10 Indonesia masih bercokol di posisi 16 dalam daftar perolehan medali Asian Games 2014, namun kembali terpaut satu medali emas dari Malaysia yang hingga selasa bercokol di urutan ke-13.
        
Indonesia yang pada Selasa mendapat tambahan satu medali perak dan satu perunggu dari cabang soft tenis dan boling, tertinggal dari Malaysia yang mampu menambah satu medali emas dari cabang boling.
        
Indonesia yang secara total mengumpulkan tiga emas, empat perak dan delapan perunggu, kini hanya bersaing dekat dengan Bahrain yang mengumpulkan tiga emas, lima perak dan satu perunggu yang berada satu tingkat di bawah tim Merah-Putih.
        
Sedangkan Malaysia yang mengemas empat emas, 24 perak dan 10 perunggu, bersaing dengan Singapura yang memiliki empat emas, enam perak dan 11 perunggu, serta posisi di bawah Singapura yaitu Mongolia dengan empat emas, empat perak dan 11 perunggu.
        
Atlet Indonesia Edi Kusdaryanto meraih medali perak cabang soft tenis nomor tunggal putra setelah dalam final kalah dari atlet tuan rumah Korsel Kim Hyeongjun 0-4.
        
Pada pertandingan final yang berlangsung di lapangan tenis Yeorumul, Incheon, Edi cukup kesulitan menghadapi lawan dan harus menyerah dengan skor telak 0-4, 2-4, 0-4, 0-4, 2-4 dalam pertandingan yang memakan waktu cepat 15 menit.
        
"Lawan memiliki variasi pukulan yang lebih bagus, terutama pukulan slice dia sangat mematikan," kata Edi Kusdaryanto.
        
"Tapi bagaimanapun saya senang bisa meraih perak ini," tambahnya.
        
Ditanya tentang targetnya sendiri, dia mengatakan hasil ini lebih baik dari yang dia targetkan.
        
"Target saya perunggu, ini bisa dapat perak," katanya.
        
Sedangkan cabang boling menambah pundi-pundi perunggu, ketika nomor tim putri lima peboling memastikan berada pada posisi ketiga.
        
Tim putri Indonesia yang diperkuat Tanya Roumimper, Sharon Santoso, Putty Armein, Novie Phang, Alisha Nabila Larasati, Chantika Cheya merebut perunggu dengan total nilai 5840.
        
Sementara itu Singapura yang diperkuat peboling Tan Cherie, Tan Daphne, NG Shayna, New Hui Fen Tan Jazreel, Yeo Joey,  meraih emas dengan mengumpulkan 6119 nilai.
        
Medali perak didapat tim tuan rumah Korsel yang menurunkan Lee Nayoung, Jung Dawun, Kim Jinsun, Son Yunhee, Lee Yeongseung, Jeon Eunhee dengan nilai 6048.
        
Kegembiraan dua cabang itu tidak diikuti oleh cabang lainnya yang bertanding, Selasa, dimana sepak takraw, layar, dan berkuda tidak menuai hasil medali.