Warga Muara Gading Gigih Pelihara Mangrove

id hutan mangrove Lampung, hutan, bakau, Lampung Timur, Lamtim, Gambut, Lingkungan, PLG, Gajah, Waykambas

Warga Muara Gading Gigih Pelihara Mangrove

Keberadaan hutan mangrove di sepanjang pesisir Desa Mura Gading Mas hingga Desa Margasari Kabupaten Lampung Timur masih terjaga baik. (ANTARA LAMPUNG/Muklasin Sanjaya Widodo).

Masyarakat juga mulai sadar bahwa hutan mangrove itu juga berfungsi untuk menahan abrasi. Itulah sebabnya kondisi hutan mangrove di sini terjaga baik dan hampir tidak terjadi pengrusakan."
Sukadana (ANTARA Lampung)- Keberadaan hutan mangrove di sepanjang pesisir Desa Muara Gading Mas hingga Desa Margasari Kabupaten Lampung Timur masih terjaga baik sehingga vegetasi hutan bakau itu juga menjadi objek penelitian sejumlah perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri.
     
Menurut Ketua Kelompok Pelestarian Lingkungan Hidup Hutan Mangrove Desa Margasari, Rusyani (50), hutan mangrove di desanya terpelihara baik berkat adanya dukungan pemerintah daerah dan masyarakat setempat.
    
"Masyarakat juga mulai sadar bahwa hutan mangrove itu juga berfungsi untuk menahan abrasi. Itulah sebabnya kondisi hutan mangrove di sini terjaga baik dan hampir tidak terjadi perusakan," katanya.
     
Ia menyebutkan sejumlah perguruan tinggi yang telah melakukan penelitian vegetasi hutan bakau itu adalah University of Kentuky (AS) dan University of Tokyo (Jepang). Sedang perguruan tinggi dari dalam negeri, di antaranya adalah IPB dan Unila.
     
Menurut dia, kerja sama warga desanya perlu terus ditingkatkan untuk menjaga kelestarian hutan bakau itu, sehingga Bupati Lampung Timur diharapkan turun ke lapangan untuk menguatkan warganya agar tetap menjaga kelestarian hutan mangrove tersebut.
     
"Hutan mangrove yang membentang di sepanjang pesisir dari Desa Muara Gading Mas, Labuhan Maringgai, Sri Minosari dan Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai masih menjadi kebanggan buat masyarakat di sini," katanya.
    
Salah satu petambak udang di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai, Haryono, juga menyebutkan manfaat hutan bakau bagi usaha pertambakannya.
    
"Tambak, juga persawahan, menjadi terlindungi dari abrasi. Saya sudah merasakan manfaat dari keberadaan hutan bakau ini," katanya.
     
Sejumlah nelayan juga menyebutkan hasil tangkapan mereka juga cukup banyak karena keberadaan hutan mangrove juga menjadi habitat sejumlah jenis ikan tertentu.