Mahasiswa Baru Dilatih Kewirausahaan

id ibi, darmajaya,kampus biru

Mahasiswa Baru Dilatih Kewirausahaan

IBI Darmajaya ((Foto antaralampung.com))

Sebanyak 20 kelompok mahasiswa dan satu sama lain harus berusaha bisa menjual produknya. Kelompok yang mendapatkan keuntungan tertinggi dengan modal terendah, maka dialah pemenangnya."
Bandarlampung, (ANTARA LAMPUNG) - Para mahasiswa baru Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung mengakhiri acara Orientasi Studi dengan permainan (game) untuk membiasakan dan melatih jiwa kewirausahaan mereka.
        
Lapangan futsal Kampus IBI Darmajaya di Bandarlampung, Jumat, mendadak riuh dengan suara ribuan mahasiswa yang membawa mika dan kardus.
        
Mahasiswa-mahasiswa baru ini sibuk menawarkan dagangan satu sama lain, seperti puding, es buah, agar-agar, dan jajanan murah lainnya.
        
Pertunjukan ini menjadi salah satu game yang dimainkan dalam Orientasi Studi (Ories) IBI Darmajaya 2014 berupa 'game entrepreneur' yang diadakan untuk membangkitkan semangat mahasiswa terhadap dunia entrepreneur.
        
Ketua panitia Ories IBI Darmajaya, Ibdi Irwanto SE, menuturkan kewirausahaan atau entrepenurship menjadi salah satu tema yang diusung dalam Ories Darmajaya tahun ini, dimaksudkan agar mahasiswa tak hanya cerdas di bidang akademik tetapi juga di bidang lainnya, salah satunya entrepreneur.
        
"Pemahaman entrepreneur wajib dimiliki mahasiswa, sehingga pada game entrepreneur ini setiap kelompok mahasiswa diwajibkan membawa produk yang bisa dijual dengan modal maksimal Rp100.000. Kami memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk menjual produk apa pun, baik makanan, souvenir, minuman atau yang lain yang terpenting modal tidak boleh lebih dari Rp100.000," katanya lagi.
        
Setelah memiliki produk, Ibdi menambahkan, masing-masing kelompok mahasiswa diharuskan menjual atau transaksi produk kepada kelompok lainnya, staf, dosen, atau kakak tingkat yang berada dalam lokasi Ories.

        
Kelompok dengan penjualan tertinggi, dinyatakan sebagai pemenang.
        
"Sebanyak 20 kelompok mahasiswa dan satu sama lain harus berusaha bisa menjual produknya. Kelompok yang mendapatkan keuntungan tertinggi dengan modal terendah, maka dialah pemenangnya," katanya pula.
        
Dia berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan skill mahasiswa dalam menjual produk.    
   
Dengan sejumlah pengalaman dan pemahaman, jiwa entrepreneur mahasiswa dapat dipupuk, sehingga mereka menjadi wirausahawan muda yang handal dan berdaya saing.
        
Permainan ini diakui sejumlah mahasiswa baru sangat memberikan manfaat bagi mereka.
      
Selain memacu mahasiswa menciptakan ide berwirausaha, game ini juga menumbuhkan kreativitas mereka menjual barang, mulai dari memilih jenis barang dan menjualnya.
        
"Di sini kami terpacu untuk bisa menjual produk kami, mau tidak mau kami harus berkeliling dan menawarkan produk kami sampai habis," ujar Novita Sari, salah satu peserta Ories.
        
Mahasiswa baru lainnya Avita dan beberapa teman sekelompoknya memilih puding dari hasil kreasi kelompok untuk dijual di game entrepreneur.
        
"Melalui game ini, kami tidak hanya belajar memasarkan, tetapi juga melatih kerja tim agar target pemasaran dapat tercapai," ujar mahasiswa yang mengambil Jurusan Akuntansi ini.
        
Game entrepreneur ini menjadi penutup acara Ories IBI Darmajaya tahun 2014.
        
Rektor IBI Darmajaya, Dr Andi Desfiandi, SE MA, dalam sambutannya menuturkan mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh
        
Karena itu, sudah saatnya dilakukan penanaman jiwa entrepreneurship pada mahasiswa sedini dan semaksimal mungkin.
        
"Tingginya persaingan dunia kerja saat ini, harus ada perubahan paradigma berpikir di kalangan mahasiswa, yaitu dari pola pikir sempit untuk mencari kerja menjadi menciptakan lapangan kerja, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Melalui game entrepreneur ini, diharapkan dapat membangun kesadaran mahasiswa akan pentingnya entrepreneur untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia," ujarnya lagi.
Ories IBI Darmajaya berlangsung selama empat hari sejak Selasa (16/9) hingga Jumat ini.