Pemkot Bandarlampung Siapkan Air Bersih Antisipasi Kekeringan

id Pemkot Bandarlampung Siapkan Air Bersih Antisipasi Kekeringan

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Kota Bandarlampung menyiapkan air bersih untuk warga ibu kota Provinsi Lampung ini yang mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

"Tidak perlu khawatir memasuki musim kemarau ini, karena pasokan air akan kita distribusikan kepada masyarakat yang memerlukannya. Bukan hanya dari PDAM saja, juga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan kita bantu pendistribusian air bersih," kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN, di Bandarlampung, Kamis (18/9).

Dia menyebutkan bahwa pemkot setempat telah menyiapkan tujuh armada mobil tangki berisi air bersih yang siap untuk didistribusikan pada wilayah yang sudah mengalami krisis air bersih.

Berdasarkan informasi dari PDAM Way Rilau Kota Bandarlampung, debit air bersih saat ini mengalami penurunan hingga tujuh persen dari debit normal 560 liter per detik.

Menurutnya, PDAM Way Rilau memiliki empat mobil, BPBD memiliki tiga mobil yang disediakan, sehingga warga yang membutuhkan air bersih tinggal menghubungi instansi terkait tanpa perlu membayar atau diberikan secara gratis.

"Semua kita berikan gratis sehingga masyarakat tidak perlu bayar," kata Herman lagi.

Sekretaris BPBD Kota Bandarlampung Erwin mengungkapkan bahwa pihaknya memang telah menyiapkan persediaan air bersih untuk warga Bandarlampung yang membutuhkannya.

"Memang dalam menghadapi musim kemarau ini, BPBD sudah siap dalam penyediaan air bersih, kami memiliki 12 mobil tangki yang siap untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan," kata dia.

Dia mengungkapkan, pihak BPBD memiliki sumber air bersih dari tandan-tandan air miliknya, sehingga untuk warga yang merasa sudah krisis air di wilayahnya dipersilakan menghubungi BPBD Bandarlampung.

Ia menegaskan bahwa program pengadaan air bersih pada musim kemarau seperti ini sudah dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya.

Namun pada tahun ini, menurut dia, belum ada warga yang meminta kiriman air bersih ke pihaknya.

"Tahun lalu, warga yang banyak meminta kiriman air bersih itu ada di Kecamatan Kedaton, Kelurahan Koga, Kecamatan Panjang, Kecamatan Sukabumi dan Kelurahan Kaliawi," katanya lagi.

Erwin menjelaskan bahwa untuk prosedur permohonan pengiriman air bersih itu, warga hanya perlu menghubungi kantor BPBD ke nomor telepon (0721) 252741.

Tapi menurut dia, seharusnya warga tidak perlu menghubungi secara langsung BPBD, cukup memberitahukan ketua RT setempat agar nantinya diteruskan ke pihak kelurahan.

"Warga juga bisa melalui posko BPBD yang ada di kecamatan. Jadi nanti kita kirim air di satu tempat berapa tangki sesuai dengan kebutuhan warga, nanti tinggal masyarakat ambil langsung ke mobil tangki kita dan ini diberikan secara gratis," kata dia pula.