Perajin Pulau Pasaran Pasok Teri Ke Jakarta

id lauk pauk, jemur, pantai, ikan kecil, Perajin Pulau Pasaran Pasok Teri Ke Jakarta, Nelayan, Jaring, Jala, kan, Perahu, Teri Nasi, Ikan Asin, Ikan Ter

Perajin Pulau Pasaran Pasok Teri Ke Jakarta

Ikan asin yang dijemur di tepi Dermaga Rerangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Hujan terus menerus menghalangi pengeringan ikan asin ini. (ANTARA FOTO Dok LAMPUNG/Budisantoso Budiman).

Cuaca cukup terik meski kadang hujan masih turun, tangkapan teri segar di bagan juga cukup banyak. Karenanya, masih bisa memenuhi permintaan dari pembeli."
Bandarlampung (Antara Lampung) - Sejumlah perajin di Pulau Pasaran, Bandarlampung, menyebutkan produksi ikan teri mereka dalam tiga minggu terakhir cukup banyak sehubungan pasokan bahan baku lancar dan kondisi cuaca juga cukup terik untuk mengeringkan ikan.

Berkaitan itu, sejumlah perajin ikan teri di Pulau Pasaran, Kota Bandarlampung, Sabtu, menyebutkan mereka tetap bisa memasok ikan teri ke Pulau Jawa, terutama ke Jakarta dan sekitarnya.

"Cuaca cukup terik meski kadang hujan masih turun, tangkapan teri segar di bagan juga cukup banyak. Karenanya, masih bisa memenuhi permintaan dari pembeli," kata Mbak Tri, salah satu perajin ikan teri Pulau Pasaran.

Ia menyebutkan harga ikan teri di Pulau Pasaran berkisar Rp35.000- Rp58.000/kg, sedang biaya pengirimannya ke Jakarta mencapai Rp1.500/kg.

Harga ikan ukuran besar mencapai Rp35.000/kg, sedang teri nasi Rp58.000/kg. Di pasar tradisional di Kota Bandarlampung, harga teri nasi mencapai Rp80.000/kg, sedang di Jakarta bisa berkisar Rp100.000- Rp120.000/kg.

Ia menyebutkan, sehari bisa memproduksi teri sampai delapan kuintal jika kondisi matahari cukup terik dan pasokan bahan baku banyak.

Pulau Pasaran merupakan sentra produksi ikan teri utama di kota Bandarlampung. Dalam sehari bisa diproduksi sedikitnya 20-30 ton ikan teri berkualitas. Selain untuk memenuhi kebutuhkan ikan di Bandarlampung, ikan teri dari Pulau Pasaran juga dikirimkan ke Jawa, terutama ke Jabotabek dan Bandung.

Pulau Pasaran merupkan pulau di pesisir Bandarlampung, dan kini bisa dijangkau menggunakan jembatan sepanjang 500 meter yang dibangun pemerintah. Pulau itu hanya bisa dijangkau dari kawasan Telukbetung menggunakan motor; berjalan kaki sekitar 2 km, atau menggunakan perahu.

Pulau Pasaran mempunyai keunikan tersendiri karena letaknya yang sangat dekat dengan daratan, tepatnya di Kecamatan Teluk Betung Barat (TBB) Kota Bandarlampung. Luas pulau ini sekitar delapan hektare dengan jumlah penghuni 240 kepala keluarga (KK). Hampir semua penduduk Pulau Pasaran berprofesi sebagai pengolah ikan kering.

Kualitas ikan kering dari Pulau Pasaran tidak kalah dengan produk ikan teri dari daerah lain, seperti teri Medan, yaitu dengan spesifikasi perut utuh dan kepala tidak patah. Metode dan keterampilan mengolah ikan kering tersebut diperoleh secara turun-menurun dengan perbaikan berdasarkan pengalaman.