Israel dan Gaza Capai Gencatan Senjata

id konflik Gaza dan Israel

Israel dan Gaza Capai Gencatan Senjata

Pesawat Israel ketika sedang mengebom Gaza (starconnectmedia.com)

PBB, AS (Antara/AFP) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon Selasa menyuarakan harapan bahwa gencatan senjata di Gaza akan mengatur panggung bagi pembicaraan-pembicaraan kesepakatan perdamaian terakhir Israel-Palestina.
        
Israel dan Palestina menyepakati gencatan senjata jangka panjang pada pukul  16.00 GMT Selasa untuk mengakhiri 50 hari pertumpahan darah yang menewaskan lebih dari 2.100 orang Palestina, di salah satu konflik terburuk antara kedua belah pihak dalam satu dekade.
        
"Sekjen tetap berharap bahwa gencatan senjata yang diperpanjang akan bertindak sebagai awal proses politik sebagai satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian yang tahan lama," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric.
        
Ban memperingatkan bahwa "masa depan yang cerah untuk Gaza dan Israel bergantung pada gencatan senjata yang berkelanjutan ini" dan bahwa "setiap pelanggaran gencatan senjata akan benar-benar tidak bertanggung jawab."
   
Sekjen PBB juga mendesak para pihak untuk mengatasi akar penyebab krisis yang telah menyebabkan tiga perang dalam enam tahun di Gaza.
        
PBB siap mendukung upaya untuk mengatasi "faktor-faktor struktural konflik" antara Israel dan Gaza, kata juru bicara PBB.
        
Ban mengutip kembalinya Otoritas Palestina ke Gaza, pencabutan blokade dan mengatasi kekhawatiran keamanan Israel sebagai kunci untuk menghindari kambuh ke dalam perang.
        
Menegaskan bahwa solusi dua negara adalah satu-satunya pilihan yang layak untuk perdamaian, Ban menyerukan kepada semua pihak untuk kembali ke meja perundingan,  pada kesepakatan perdamaian akhir yang akan mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina.
        
Gencatan senjata kesepakatan yang ditengahi oleh Mesir mengimbau untuk membuka penyeberangan perbatasan, mengangkat pembatasan memancing, pertukaran tahanan di masa depan, pembukaan kembali Bandara Gaza dan mengangkat blokade, bersama dengan melucuti senjata para militan.
        
Perjanjian tersebut, bagaimanapun, tidak memberikan rincian tentang banyak poin,  putaran baru pembicaraan yang akan diadakan di Kairo dalam beberapa pekan mendatang diatur untuk memungkinkan untuk diskusi yang lebih substantif.
        
Para diplomat Dewan Keamanan PBB sudah mengajukan gagasan mekanisme pemantauan untuk memihak melaporkan pelanggaran gencatan senjata dan memverifikasi aliran barang ke Jalur Gaza.
        
Kekuatan kunci di dewan khawatir bahwa tanpa verifikasi yang tepat ketentuan gencatan senjata, perang dapat dengan mudah menghidupkan kembali di Gaza.
        
Sebuah dokumen melayang pada  pekan lalu, yang  Inggris, Prancis dan Jerman meminta Ban mengajukan  proposal untuk mekanisme tersebut, dan untuk memimpin upaya pembangunan kembali merupakan usaha besar  di Gaza.
    
Penerjemah/Redaktur : A Krisna/Hisar Sitanggang