MU Kalah di Old Trafford

id mu, old traford, roney, kapten

London,  (Antara/AFP) - Rezim Louis van Gaal sebagai pelatih Manchester United berakhir dengan buruk pada Sabtu, ketika Swansea City menang 2-1 pada pertandingan pembukaan musim Liga Utama Inggris di Old Trafford.
        
Van Gaal menjalani pertandingan kompetitif perdananya sebagai pelatih United, namun tim barunya memperlihatkan kegagalan yang sama dari musim lalu - saat mereka finis di peringkat ketujuh - ketika secara mengejutkan mereka menelan kekalahan.
        
Gelandang Korea Selatan Ki Sung Yueng mengeksploitasi penjagaan yang longgar untuk membawa Swansea unggul pada menit ke-28 dengan tembakan kaki kiri dari tepi kotak penalti.
        
Kapten baru United Wayne Rooney menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, namun Gylfi Sigurdson memastikan tuan rumah menelan kekalahan pada pertandingan kandang pertama di awal musim untuk pertama kalinya sejak 1971 dengan penyelesaikan jarak dekat pada menit ke-72.
        
Hal ini membawa Swansea meraih dua kemenangan berturut-turut di Old Trafford, menyusul kesuksesan mereka di Piala FA pada Januari, dan merupakan kebalikan dari kemenangan 4-1 United di Stadion Liberty pada hari pertama musim lalu.
        
"Sangat mengecewakan di mana kami kalah pada pertandingan kandang pertama kami," kata Van Gaal, yang mengambil alih jabatan pelatih United setelah membawa negaranya Belanda melaju ke semifinal Piala Dunia.
        
"Kami sangat gugup pada babak pertama, membuat pilihan-pilihan keliru, dan itu menyedihkan. Pada babak kedua, kami tidak pernah bermain sebagai tim. Oleh karena itu, saya bertanggung jawab."
   
Cederanya sejumlah pemain membuat Van Gaal memberikan debut kompetitif kepada Tyler Blackett (20) dan Jesse Lingard (21), namun Lingard harus meninggalkan lapangan karena cedera pada menit ke-24.
        
United mendominasi penguasaan bola pada babak pertama, namun Swansea mampu meraih keunggulan ketika Ki memaksimalkan operan Sigurdsson.
        
Van Gaal mengganti formasi dari 3-4-1-2 menjadi 4-2-3-1 saat turun minum, dan United segera merespon, di mana Rooney melepaskan sepakan voli akrobatik yang berbuah gol setelah tendangan penjuru Juan Mata diteruskan Phil Jones.
        
Tendangan bebas Rooney kemudian membentur mistar gawang, namun Swansea mampu mengklaim kemenangan ketika gelandang Islandia Sigurdsson - yang kembali ke klub itu setelah dua tahun membela Tottenham Hotspur - meneruskan sepakan voli Wayne Routledge.
    
                 Wood selamatkan Leicester
   
"Kami telah bekerja keras selama pra musim untuk memperbaiki pertahanan dan kami dapat melakukannya dengan lebih baik pada sektor itu," kata pelatih Swansea Garry Monk kepada BT Sport.  
   
"Namun ada tanda-tanda menyenangkan dari cara kami memeperkuatnya bersama-sama dan gol-gol yang kami cetak melawan tim dengan sumber daya seperti Manchester United."
   
Di tempat lain, penyerang Selandia Baru Chris Wood tampil sebagai pemain pengganti untuk membawa tim promosi Leicester City bermain imbang 2-2 dengan tamunya Everton, pada pertandingan strata tertinggi mereka sejak 2004.
        
Setelah rekrutan baru Leicester Leonardo Ulloa membatalkan gol pembuka Aiden McGeady pada menit ke-20, Steven Naismith terlihat akan memberi kemenangan kepada Everton, namun Wood mampu menyamakan kedudukan empat menit sebelum pertandingan usai.
        
Eric Dier menikmati debut impian untuk Tottenham dengan mencetak gol kemenangan pada menit ke-93 di markas West Ham United, yang memberi kemenangan perdana kepada pelatih Mauricio Pochettino sebagai pelatih Spurs.  
   
Setelah bek Spurs Kyle Naughton dan penyerang West Ham James Collins keduanya diusir keluar lapangan, pemain pengganti Dier dengan tenang mengecoh kiper Adrian pada masa tambahan waktu sebelum mencetak gol semata wayang di pertandingan itu.
        
"Saya hanya ingin (tim saya) tidak kemasukan sama sekali," kata Dier (20), bek tengah Inggris yang direkrut dari Sporting Lisbon dua pekan silam. "Saya akan suka untuk mencetak lebih banyak gol karena saya tidak banyak melakukannya."  
   
Terdapat juga kegembiraan larut di the Hawthorns, di mana pelatih West Bromwich Albion Alan Irvine gagal mendapat kemenangan melawan Sunderland akibat gol Sebastian Larsson pada menit ke-85.
        
West Brom unggul 2-1 setelah Saido Berahino membalas gol Lee Cattermole dengan mengemas dua gol, namun Larsson membawa Sunderland bermain imbang 2-2 dengan menuntaskan umpan tarik pemain debutan Patrick van Aanholt.
        
Tandukan James Chester pada menit ke-52 membawa Hull City menang 1-0 atas tim promosi Queens Park Rangers, sedangkan Andreas Weimann membawa Aston Villa menang 1-0 atas tuan rumah Stoke City.
        
Juara bertahan Manchester City akan melawat ke markas Newcastle United pada Minggu, di mana Liverpool, tim yang mereka gagalkan untuk menjadi juara pada musim lalu, menjamu Southampton. Chelsea, tim peringkat ketiga musim lalu, menghadapi tim promosi Burnley pada Senin.