Harga Komoditas Unggulan di Lampung Timur Fluktuatif

id ekspor kopi instan, anik, turun, unggulan, komoditas

Harga Komoditas Unggulan di Lampung Timur Fluktuatif

Petani komoditas Coklat (Kakao) di Lampung. (Foto ANTARA/M.Tohamaksun)

Sukadana, Lampung, (ANTARA LAMPUNG) - Harga komoditas unggulan di tingkat pengecer di Kabupaten Lampung Timur setelah Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah masih berfluktuasi.
 
Berdasarkan pantauan di pedagang pengecer, Sukadana, Sabtu, menunjukkan harga komoditas unggulan seperti kakao, kopi robusta, jagung, lada hitam, kapulaga dan cengkih mengalami fluktuasi harga, meski tidak terlalu signifikan.
        
Harga lada hitam di Lampung Timur bertahan dari harga sebelumnya yakni Rp104.000 per kilogram, harga kopi robusta Rp20.000/kg mengalami penurunan sebanyak Rp2.000/kg-nya dari harga sebelumnya yakni Rp22.000/kg.
        
Komoditas unggulan lainnya yakni kakao bertahan di harga menjelang bulan puasa hingga setelah lebaran yakni Rp36.000/kg. Harga jagung sekarang ini Rp3.200/kg atau turun Rp100/kg dari harga sebelumnya.
        
Sementara itu harga cengkih di tingkat pengecer saat ini Rp122.000/kg-nya mengalami penurunan Rp6000/kgnya dari harga sebelumnya.
        
Harga komoditas lain yang stabil yakni kapulaga Rp32.000/kg. Pasokan yang saat ini jarang ditemukan di tingkat pengecer yakni lada putih mengingat harganya yang cukup mahal.
        
Sulbari, pedagang pengecer di Pasar Way Jepara mengatakan saat ini Lampung Timur tidak mengalami penurunan harga bahkan kenaikan harga terlalu mencolok.
        
"Sekarang ini, pasokan kopi robusta dari petani setempat kurang, sedangkan untuk komoditas lain masih banyak ditemui di Lampung Timur," jelasnya.
        
Ia menambahkan lada putih saat ini langka di pasaran mengingat harganya yang meroket dalam beberapa hari terakhir.
        
"Harga lada putih sekarang mencapai Rp200 ribu per kilogram," tambahnya.