PSSI Lampung Gelar Liga Futsal Amatir

id PSSI Lampung Gelar Liga Futsal Amatir, JONI, Don Pecci, Olahraga, Kominfo, Doom, Media, Persahabatan, Pertandingan, Bola, Tifatul Sembiring

PSSI Lampung Gelar Liga Futsal Amatir

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tifatul Sembiring (tengah) foto bersama sebelum pertadingan Tim Futsal Kominfo/PKS melawan Tim PWI Cabang Lampung, di Bandarlampung. (ANTARA FOTO Dok/Agus Setyawan)/

Beberapa klub futsal memang ditangani dengan baik dan manajemen yang cukup rapi, ini yang kita bidik agar perkembangan futsal ke depan benar-benar baik."
Bandarlampung (Antara Lampung) - Asosiasi PSSI Lampung melalui Komite Futsal menggelar Liga Futsal Amatir se-Provinsi Lampung yang akan dimulai awal September 2014.

Komite Futsal Asosiasi Provinsi PSSI Lampung Edi Purwanto di Bandarlampung, Rabu, mengatakan bahwa liga futsal ini diperuntukkan bagi klub-klub futsal di Lampung termasuk beberapa perkumpulan futsal dari beberapa kabupaten dan kota yang ditangani oleh Asosiasi PSSI daerah masing-masing.

Don Pecci panggilan akrab Edi Purwanto menjelaskan bahwa liga futsal ini digelar untuk pertama kalinya oleh Asprov PSSI Lampung, bertepatan dengan persiapan pembentukan tim Pra PON futsal yang direncanakan akan segera dibentuk dalam waktu dekat.

Selain itu, liga futsal juga akan dipergunakan sebagai ajang pembinaan bagi klub yang selama ini serius menangani manajemen sebuah klub futsal di Lampung.

"Beberapa klub futsal memang ditangani dengan baik dan manajemen yang cukup rapi, ini yang kita bidik agar perkembangan futsal ke depan benar-benar baik. Efek dominonya adalah kita akan mendapatkan pemain futsal Lampung yang berkualitas pula pada tim Pra PON atau bahkan ke PON di Jawa Barat 2016," katanya.

Liga futsal disiapkan kuota untuk 24 tim yang akan dibagi menjadi dua grup dan berlaga hanya setiap hari minggu di Interganda Futsal Arena (IFA) Bilabong ¿ Bandarlampung.

"Jika cukup memang kita siapkan kuota untuk 24 tim, minimal 18 tim. Putaran pertandingan hanya setiap hari Minggu. Rencananya digelar dalam dua lapangan kecil untuk babak grup. Dan pada 8 besar akan kami mainkan dengan format lapangan besar. Karena di PON kelak akan memakai lapangan besar yang standar nasional," ujarnya pula.

Ia mengatakan seluruh klub yang akan mengikuti kompetisi ini diminta segera menghubungi panitia pelaksana agar tidak terlambat.

Don Pecci menambahkan bahwa untuk ikut serta dalam liga futsal ini, setiap tim mendaftarkan 15 pemainnya dengan persyaratan 10 pemain berusia di bawah 23 tahun dan lima boleh diisi dengan pemain senior.

"Ini juga untuk mencari tambahan pemain di tim Pra PON, yang akan kami pantau selama turnamen belangsung. Diperkirakan Liga berlangsung selama 12 minggu atau September hingga Desember 2014," jelas  Kabid Humas KONI Lampung itu.

Pendaftaran mulai 1 Agustus hingga 16 Agustus 2014. Biaya pendaftaran Rp2 juta per tim.

"Manajer Meeting direncakan 16 Agustus 2014, dan kick off dijadwalkan 14 September 2014, di IFA futsal di Bilabong.  Saya berharap ini menjadi momentum penting bagi insan futsal Lampung, karena turnamen resmi yang kami gelar ini juga akan menjaring bibit pemain untuk Pra PON. PSSI Lampung berharap futsal bisa berbicara di PON Jawa Barat," tambahnya.