Kwarnas Pramuka Tabur Bunga di Makam Pahlawan

id kwarnas, pramuka, olahraga

Jakarta, (ANTARA LAMPUNG) - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault memimpin tabur bunga di sejumlah pusara pahlawan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-53 Pramuka Indonesia di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Minggu.
      
Didampingi Wakil Ketua Kwarnas bidang pengabdian masyarakat dan siaga bencana Brigjen TNI M. Herindra dan Sekjen Kwarnas Yudi Suyoto serta sejumlah pembina, Adhyaksa Dault menabur bunga di pusara pahlawan nasional, seperti Ahmad Yani, MT. Harjono, S. Parman, Sutojo Suswomihardjo dan lainnya.
         
Selain itu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut juga menabur bunga di makam mantan Wakil Presiden Sudharmono beserta istri dan istri mantan Presiden BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie.
         
"Tabur bunga dan ziarah ke makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan dan menghargai jasa-jasa mereka yang telah gugur mendahului kita, sehingga bisa seperti sekarang ini," ujarnya ditemui usai tabur bunga.
         
Menurut dia, semua orang mengatakan generasi muda merupakan pewaris bangsa masa depan, namun masih banyak yang melupakan proses menjadi seorang pemimpin kelak, salah satunya dengan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghargai jasa para pahlawan.
         
"Orang yang lahir di dunia ini dan tidak melihat masa lalu maka akan menjadi bayi seumur hidup. Karena itulah setiap HUT Pramuka harus selalu bersyukur serta belajar dari sikap maupun perjuangan para pahlawan," katanya.
         
Sebelum menabur bunga di pusara makam pahlawan, Adhyaksa yang juga selaku ketua rombongan sempat memimpin apel di halaman tugu TMP Kalibata.
         
Di sela apel, ia meletakkan karangan bunga di tugu dan memimpin mengheningkan cipta mendoakan arwah para pahlawan yang diikuti 300 anggota pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega dari Kwarda DKI Jakarta.
         
Sementara itu, masih dalam rangkaian HUT ke-53 yang jatuh pada 14 Agustus, Pramuka juga menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial, salah satunya donor darah yang dilaksanakan Rabu (13/8) di Cibubur.