Ribuan Pengunjung Padati Pusat Latihan Gajah

id way kambas, lampung timur, pusat latihan gajah, pariwisata, TNWK, PLG, Gajah, Wayjkambas, Belalai Gading, Binatang

Ribuan Pengunjung Padati Pusat Latihan Gajah

Konflik Gajah-Manusia. Menhut Zulkifli Hasan (kanan) didampingi Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas Awen Supranata (kiri) memegang seekor gajah ketika melakukan kunjungan ke Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Provinsi Lampung. Menhut mengi

Dengan catatan, pengelolaan TNWK itu harus ditingkatkan mulai dari tempat parkir hingga penataan taman dan tempat dimana pengunjung beristirahat."
Labuhan Ratu, Lampung Timur, (ANTARA LAMPUNG) - Pusat Latihan Gajah yang berada di Taman Nasioanal Way Kambas, Lampung Timur, Provinsi Lampung, dipadati pengunjung, Kamis.
        
Memasuki Lebaran keempat, tempat observasi gajah yang dikenal dengan Way Kambas merupakan tempat wisata yang menjadi salah satu pilihan warga yang memaanfaatkan liburan lebaran.
        
Menurut Sugiman, warga Purbolinggo Lampung Timur, Provinsi Lampung, selain terjangkau, Pusat Latihan Gajah (PLG) memberi hiburan yang tidak ditemukan di tempat wisata lain di Lampung Timur.
        
Ia menjelaskan, PLG mempunyai keunikan  wisata, selain berwisata alam bebas Way Kambas memiliki aneka permainan atraksi gajah, yakni menaiki gajah hingga atraksi main bola, meberi hormat dan permainan lainnya dari binatang berbelalai tersebut.
        
Pengunjung lainnya, Kuswanto mengatakan, Taman Nasional Way Kambas dapat dijadikan objek wisata unggulan di Lampung.
        
"Dengan catatan, pengelolaan TNWK itu harus ditingkatkan mulai dari tempat parkir hingga penataan taman dan tempat dimana pengunjung beristirahat," kata warga Kota Metro tersebut.
        
Ia mengharapakan, pengunjung mendapatkan kepuasan dalam berlibur bersama keluarga di PLG, tentunya semua itu tidak terlepas dari tangan-tangan kreatif bahkan dukungan dari pemerintah daerahnya untuk menciptakan tempat wisata yang asri dan nyaman.
        
Mariyono, salah satu pawang gajah mengatakan, lonjakan pengunjung di PLG pada empat hari lebaran belum mencapai puncaknya meskipun ribuan pengunjung sudah tampak padati objek wisata tersebut.
        
"Biasanya pengunjung lebih ramai dari sekarang, lonjakan pengunjung akan terjadi nanti saat memasuki hari kelima dan tujuh lebaran," ujarnya.
        
Ia menjelaskan, pengunjung dapat menikmati berbagai permainan yang mengandalkan kecerdikan gajah, selain itu, dengan tiket masuk Rp10.000 per orang pengunjung dapat menunggang gajah dan berkeliling taman.
        
Bukan hanya itu, lanjut Mariyono, pengunjung juga dapat menaiki pedati yang ditarik oleh gajah untuk melintasi pinggiran hutan hanya dengan Rp5.000/orang.
        
Ramainya pengunjung di PLG Lampung Timur untuk berlibur bersama keluarga, menyebabkan antrean panjang untuk memasuki taman nasional tersebut.
        
Meskipun harus antre, Widodo warga Lampung Tengah, rela demi melihat keunikan dari TNWK.
        
Ia mengharapkan, pihak pengelola dapat lebih memperhatikan pelayanan terhadap pengunjung baik dari pelayanan tiket hingga kelayakan dari sarana tempat wisata tersebut.
        
"Seharusnya pengelola lebih memperhatikan dan meningkatkan pelayanan pengunjung, sehingga para pengunjung mendapatkan kepuasan berlibur sesuai dengan harapannya saat datang di PLG," tambahnya.