Polisi Ditembak di Lanny Jaya Papua Saat Bertugas

id Polisi Ditembak di Lanny Jaya Papua Saat Bertugas

Jayapura (ANTARA LAMPUNG) - Kepolisian Daerah Papua menyatakan kelompok sipil bersenjata melakukan penembakan terhadap empat anggota polisi yang sedang melaksanakan tugas bimbingan masyarakat di Kabupaten Lanny Jaya, Senin (28/7).

"Dari empat polisi itu, dua yang kena tembak hingga tewas dan dua orang lainnya luka-luka," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol Sulistyo Pudjo di Jayapura, Selasa (29/7).

Ia menjelaskan, empat anggota kepolisian setempat itu sedang melaksanakan tugas bimas pionir sadar hukum di daerah itu.

Dia mengatakan Polri mengutuk keras perbuatan yang dilakukan oleh KSB itu dan mereka harus mempertanggungjawabkan di muka hukum.

"Polisi mengutuk keras perbuatan yang keji itu, karena personel yang kena tembak itu akan melakukan kegiatan pembangunan SDM, yakni dalam bentuk kegiatan bimmas sambang kampung/desa agar kampung-kampung di wilayah itu menjadi kampung sadar hukum," katanya.

Tugas mereka, katanya, membawa harapan masyarakat setempat untuk memiliki pemahaman yang lebih cerdas dan mampu menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat.

"Di sini Polri berperan untuk pembentukan karakter masyarakat, seperti mendorong masyarakat untuk berpikir dan bertindak secara demokratis, dimana kegiatan bimas sangat mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini bupati dan gubernur," katanya.

Mengenai peristiwa tersebut, mantan Wadir Intelkam Polda Papua itu, meminta agar masyarakat di Lanny Jaya dan Papua pada umumnya tetap tenang dan menyerahkan sepenuhnya kasus itu kepada pihak berwenang.

"Saya minta masyarakat tetap tenang dan yakin bahwa kelompok kriminal itu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dan dalam bertindak Polri tetap mengedepankan langkah-langkah yang bijak," katanya.

Sulistyo juga mengatakan pascapenembakan itu, pihaknya telah melakukan pengejaran terhadap KSB dan melalukan koordinasi dengan TNI setempat untuk mendukung personelnya di lapangan.

"Termasuk berkoordinasi dengan Bupati Lanny Jaya guna mengevakuasi korban tembak dan luka-luka," katanya.

Sebelumnya, di daerah Indawa Kabupaten Lanny Jaya telah terjadi penembakan terhadap empat anggota polisi oleh KSB saat melaksanakan kegiatan sambang kampung/desa dalam rangka bimas pionir.

Peristiwa itu, mengakibatkan dua polisi meninggal dengan luka tembak di bagian perut, yakni Bripda Yoga Ginugy dan Bripda Zulkifli meninggal dengan luka tembak di bagian kepala.

Dua polisi lainnya luka-luka, yakni Bripda Alex Numbery dan Briptu Helsky Bonyadone.