Arus Balik Pemudik Mulai Berlangsung

id mudik

 Arus Balik Pemudik Mulai Berlangsung

Arus balik pemudik Lebaran (FOTO ANTARA LAMPUNG/Kristian Ali)

Bandarlampung (Antara Lampung)- Arus balik pemudik lebaran mulai berlangsung di Jalan Lintas Sumatera tujuan Pelabuhan Bakauheni Lampung, sementara puncak arus balik dari Sumatera ke Jawa melalui pelabuhan penyeberangan Bakauheni diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu atau H+5 dan H+6 Lebaran 2014.
     
Berdasarkan pantauan, Rabu, volume kendaraan pemudik tujuan Pelabuhan Bakauheni memang belum banyak, namun kepadatan kendaraan akan meningkat menjelang Sabtu dan Minggu (H+6).
     
Pada Senin (4/8), karyawan dan PNS sudah mulai bekerja kembali setelah menjalani libur dan cuti bersama, dan para pelajar kembali bersekolah pada hari itu.
     
Di Jalinsum ruas Bandarlampung-Bakauheni pada Rabu pagi, arus balik kendaraan pemudik belum ramai sehingga tidak terjadi kemacetan. Kondisi jalan yang lengang itu juga dimanfaatkan truk-truk barang untuk melintas, terutama tujuan Pelabuhan Panjang Bandarlampung.
     
Titik kemacetan biasanya terjadi di kawasan Pasir Putih Panjang, Bandarlampung, karena objek wisata pantai itu selalu disesaki pengunjung setiap libur lebaran.
     
Sementara itu, PT ASDP Indonesia Fery menyebutkan sebanyak 569.823 pemudik diseberangkan menuju Pulau Sumatera untuk merayakan Lebaran di kampung halamannya. Mereka terdiri atas pemudik pejalan kaki sebanyak 105.695 orang dan pemudik di atas kendaraan sebanyak 129.998 orang.
     
Sedangkan jumlah kendaraan terdiri dari roda dua, roda empat, bus dan truk mencapai 121.977 unit.
     
Sebanyak 28 kapal feri dioperasikan untuk mengangkut penumpang pada arus mudik lebaran, dan jumlahnya diperkirakan sama saat arus balik berlangsung.