Harga Daging di Lampung Timur Naik

id daging, harga naik, lampung timur, lebaran

Sribawono, Lampung, (ANTARA LAMPUNG) - Tiga hari menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 Masehi, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung merangkak naik.
         
Menurut pedagang daging di Pasar Sukadana dan Pasar Way Jepara di Lampung Timur, Jumat, harga komoditas penting itu merangkak naik sejak dau hari lalu.
         
Harga daging sapi di tingkat pedagang, saat ini mencapai Rp110.000 per kilogram atau naik bila dibandingkan sebelumnya Rp95.000--Rp98.000/kg.
         
Debi (40), pedagang daging sapi di Pasar Sribawono mengatakan kenaikan harga daging tersebut karena suplai dari dinas terkait yang memberdayakan peternak sapi lokal Kabupaten Lampung Timur untuk memenuhi kebutuhan konsumen menjelang lebaran kurang.
         
Sedangkan permintaan akan daging sapi meningkat menjelang Lebaran tahun ini.
         
"Namun, Dinas Peternakan setempat berjanji akan menambah stok daging sapi di Lampung Timur menedekati Lebaran ini," katanya pula.
         
Ia mengakui, kemungkinan harga daging sapi akan kembali naik pada dua hari menjelang (H-2) dan dua hari sesudah (H+2) Lebaran tahun ini.
         
Sementara itu, harga sembako, seperti gula pasir, telur, minyak goreng dang beras saat ini masih stabil.
         
Harga gula pasir saat ini mencapai Rp12.000/kg, tidak ada peningkatan dibandingkan dengan harga sebelumnya.
         
Begitupula dengan harga telur, berkisar Rp20.000/kg, harga minyak goreng curah mencapai Rp11.500/kg, dan harga beras berkisar Rp8.000/kg.
         
"Saat ini harga sembako belum mengalami kenaikan, biasanya harga tersebut akan naik mendekati Lebaran," kata Sri, pedagang warung makan di Sribawono.
         
Ia mengatakan, harga komoditas lainnya seperti cabai dan bawang juga belum mengalami kenaikan.
         
Harga cabai merah di tingkat pengecer saat ini mencapai Rp20.000/kg, harga tersebut hanya mengalami kenaikan dibanding harga sebelumnya yakni Rp18.000/kg.
         
Harga bawang merah, saat ini mencapai Rp18.000/kg dan harga bawang putih masih bertahan Rp11.000/kg.
         
"Mudah-mudahan harga sembako dan barang-barang lainnya masih normal hingga mendekati Lebaran, sehingga kami sebagai pembeli tidak mengalami kesulitan baik membeli maupun menjual masakan jadi," katanya pula.