Arus Mudik Merak-Bakauheni Padat

id Arus Mudik Merak-Bakauheni Padat, kapal, penumpang, mudik, lebaran

Arus Mudik Merak-Bakauheni Padat

Kapal Ferry Nusa Jaya yang berlayar dari dermaga I Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Merak, Banten masih dipadati penumpang dan kendaraan arus balik pemudik Lebaran Idul Fitri 1434 H/2013 M, Minggu pagi (18/8). (ANTARA FOTO DOK/M.Tohamaksun)

Peningkatan pemudik ini disebabkan juga karena hampir seluruh kampus dan sekolah telah diliburkan."
Lampung Selatan (Antara Lampung) - Arus mudik dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni mulai padat, pada H-4 menjelang hari raya Idul Fitri 1435 H.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Kalianda, Lampung Selatan, Kamis, pukul 23.00 WIB para penumpang dari Pulau Jawa mulai padat.

Ratusan pemudik yang merupakan pejalan kaki ini, ingin mudik ke kampung halamnnya di Pulau Sumatera. Malam hari ini banyak pemudik penjalan kaki memanfaatkan waktu malam hari, agar tidak terlalu panas.

Sebagian pemudik, merupakan buruh yang bekerja di Bekasi dan Tanggerang. Mereka enggan membawa kendaraan, karena takut kelelahan di jalan.

Peningkatan pemudik ini disebabkan juga karena hampir seluruh kampus dan sekolah telah diliburkan.

Diprediksi arus mudik akan terus meningkat mulai Kamis malam sampai Jumat (25/7) pagi. Fenomena itu memang selalu terjadi setiap tahun di pelabuhan tersebut.

Sementara itu, kondisi sebaliknya akan terjadi pada arus balik usai Lebaran nanti, dipastikan kepadatan akan lebih banyak penumpang dari Bakauheni menuju Merak dibandingkan sebaliknya.

Untuk mengatasi terjadi penumpukan penumpang maupun kendaraan di area parkir yang tersedia di pelabuhan itu, pihak ASDP Pelabuhan Bakauheni telah menyediakan setidaknya enam loket kendaraan roda dua dan empat kendaraan pribadi dan bus.

Sedangkan untuk parkir kendaraan, setidaknya kantong parkir yang tersedia bisa menampung sebanyak 6.000 kendaraan pribadi.