Arus Mudik Bakauheni-Merak Masih Normal

id Arus Mudik Bakauheni-Merak Masih Normal, pelabuhan, penumpang, arus mudik, merak, bakauheni

Arus Mudik Bakauheni-Merak Masih Normal

Penumpang di Pelabuhan Bakauheni (ANTARA /Kristian Ali)

Kedatangan pemudik di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni secara bergelombang, dan tempat parkir antrean kendaraan masih normal seperti hari biasa."
Bakauheni, Lampung (Antara Lampung) - Arus pemudik yang hendak menyeberang Selat Sunda dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Merak, Banten, H-4 Lebaran, Kamis malam, masih normal.

Kedatangan pemudik di Dermaga II Pelabuhan Bakauheni secara bergelombang, dan tempat parkir antrean kendaraan masih normal seperti hari biasa.

Namun, kedatangan pemudik dari Pelabuhan Merak Banten justru cenderung terus meningkat dari hari sebelumnya.

Manajer Operasional PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Heru Purwanto menyatakan malam ini mulai terjadi lonjakan pemudik di pelabuhan penyeberangan ini, karena hampir seluruh kampus dan sekolah telah diliburkan.

"Saya masih meyakini pada Kamis ini mulai terjadi lonjakan pemudik untuk berlebaran di kampung halaman masing-masing," kata dia.

Ia memprediksikan kepadatan arus mudik akan terus meningkat mulai Kamis malam sampai Jumat (25/7) pagi.

Namun, kata dia, pemudik akan lebih banyak datang dari Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak menuju ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni atau akan lebih banyak penumpang kapal feri dari Pelabuhan Merak Banten ke Bakauheni Lampung.

Menurut dia, fenomena itu memang selalu terjadi setiap tahun di pelabuhan tersebut.

Kondisi sebaliknya akan terjadi pada arus balik usai Lebaran nanti, dipastikan kepadatan akan lebih banyak penumpang dari Bakauheni menuju Merak dibandingkan sebaliknya.

Guna mengatasi terjadi penumpukan penumpang maupun kendaraan di area parkir yang tersedia di pelabuhan itu, pihaknya telah menyediakan setidaknya enam loket kendaraan roda dua dan empat kendaraan pribadi dan bus.

Sedangkan untuk parkir kendaraan, Heru menyatakan, setidaknya kantong parkir yang tersedia bisa menampung sebanyak 6.000 kendaraan pribadi.