Lampung Perbanyak Markah Jalan Untuk Minimalkan Kecelakaan

id lampung timur, pemkab, marga rahayu,labuhan maringgai, sungai, provinsi, lampung, kabupaten, markah jalan, dubkominfoish

Kami menjalankan tugas sehari-hari, sesuai fungsi untuk dapat memberikan layanan umum mengenai jalur lalu lintas yang ada di daerah ini."
Sukadana, Lampung,   (ANTARA LAMPUNG) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampung Timur mulai memperbanyak markah jalan untuk meminimalkan kecelakaan lalu lintas menjelang Lebaran 1435 Hijriah.

Kepala Dishub Kominfo Lampung Timur Afdal Faisal, di Sukadana, Rabu, mengatakan, Dishub Kominfo meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada arus mudik tahun ini.

"Kami menjalankan tugas sehari-hari, sesuai fungsi untuk dapat memberikan layanan umum mengenai jalur lalu lintas yang ada di daerah ini," ujarnya.

Menurutnya, selain hari-hari besar seperti Lebaran, pihaknya selalu menempatkan petugas untuk dapat berperan dalam melakukan monitoring secara berkala, dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna memberikan layanan, pengawasan untuk dapat meminimalkan kecelakaan yang disebabkan oleh gangguan insfrastruktur dengan cara pemasangan rambu-rambu lalu lintas.

Pemasangan rambu-rambu ditempatkan disepanjang jalan di wilayah Kabupaten Lampung Timur yakni, di jalan nasional, provinsi dan kabupaten..

Ia menjelaskan, kecelakaan dalam berlalu lintas dapat diantisipasi oleh pengguna jalan itu sendiri, dengan cara mematuhi rambu-rambu yang sudah dipasang sepanjang jalan.

Sehingga, lanjutnya, kecelakaan dapat diminimalisir dengan adanya marka jalan tersebut, terlebih lonjakan jumlah volume arus mudik dibandingkan tahun sebelumnya.

Afdal memprediksi, adanya peningkatan angka tiga persen volume arus mudik tahun 2014 dibanding arus mudik sebelumnya.

Lonjakan yang terjadi, menurutnya, dapat dilihat dari jumlah kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintas sepanjang jalan lintas sumatera pada setiap harinya.

Afdal menjelaskan, selain memaksimalkan pemasangan marka jalan untuk mengantisipasi peningkatan kecelakaan berlalu lintas, pihaknya juga melibatkan satu pleton petugas yang dilibatkan untuk membantu dan bersinergisitas dengan anggota Polri, TNI dalam mengendalikan pengamanan dan pelayanan arus Mudik Lebaran 2014.

Satu pleton petugas terdiri atas 31 satuan yang ada di lingkup dinas itu sendiri.

Ia mengimbau, agar pemudik yang melintasi jalan wilayah Lampung Timur, agar dapat mematuhi dan memperhatikan rambu-rambu jalan yang telah terpasang, sehingga pemudik dapat selamat sampai tujuan.

Afdal berharap agar pengguna jalan khususnya pemudik, agar dapat mematuhi dan meperhatikan rambu-rambu yang ada, sehingga, mereka dapat berkumpul dan merayakan hari raya Idhul Fitri bersama sanak keluarga.