Menlu AS Beri Selamat Jokowi

id Menlu AS Beri Selamat Jokowi

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Menteri Luar Negeri AS John Kerry memberikan selamat kepada Presiden RI terpilih Joko Widodo, sehari setelah KPU (Komisi Pemilihan Umum) mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014 pada Selasa (22/7).

"Saya menyampaikan ucapan selamat kepada presiden Indonesia terpilih Joko Widodo," ujar Menlu Kerry dalam pernyataan pers kedutaan Besar AS untuk Indonesia di Jakarta yang diterima Antara, Rabu (23/7).

Menurut Kerry, rakyat Indonesia kembali bersatu memperlihatkan komitmen mereka terhadap proses demokrasi melalui pemilu yang bebas dan adil.

Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga, Amerika Serikat dan Indonesia telah memberikan contoh kepada dunia, tambah Kerry.

"Kita memiliki banyak persamaan nilai, termasuk penghormatan terhadap hak asasi manusia dan penegakan hukum," ujar Kerry.

Kedua bangsa telah bekerja keras untuk membangun Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia, yang telah memperkuat hubungan bilateral, sehingga bisa menghadapi tantangan bersama baik dalam tataran regional maupun global.

Amerika Serikat berharap dapat bekerjasama dengan presiden terpilih Joko Widodo untuk meningkatkan kemitraan kita, memajukan cita-cita global kita bersama, serta mengembangkan hubungan antar masyarakat kedua negara.

Komisi Pemilihan Umum Pusat di Jakarta menetapkann pasangan kandidat Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih untuk periode 2014-2019, dalam SK 536/Kpts/KPU/Tahun 2014.

KPU telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2014 nomor urut 2, Ir. H. Joko Widodo dan Drs. Muhammad Jusuf Kalla dengan perolehan suara 70.997.833 atau 53,15 persen dari total suara sah.

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat pada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).