Akankah Hatta Rajasa Ucapkan Selamat untuk Jokowi-JK?

id Akankah Hatta Rajasa Ucapkan Selamat untuk Jokowi-JK?

Akankah Hatta Rajasa Ucapkan Selamat untuk Jokowi-JK?

Petugas melipat spanduk pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Hatta di kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Jakarta, Selasa (22/7). Calon Wakil Presiden nomor urut satu Hatta Rajasa batal menggelar konfrensi pers terkait hasil Real Count KPU dengan al

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo mengatakan ucapan selamat kepada Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai pemenang Pilpres 2014 akan disampaikan Hatta Rajasa selaku Ketua Umum PAN pada saatnya nanti apabila kemenangan itu telah menjadi keputusan KPU.

"Kalau itu hasil KPU nanti akan disampaikan sendiri oleh Ketua Umum PAN (Hatta Rajasa) pada saatnya," katanya usai melakukan pertemuan dengan para petinggi PAN di kediaman Hatta Rajasa di Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan, Selasa (22/7) malam.

Pernyataan itu dilontarkan Drajad ketika ditanya apakah Hatta Rajasa akan memberikan ucapan selamat kepada Jokowi-JK jika telah dinyatakan oleh KPU sebagai pemenang Pilpres 2014.

Drajad mengatakan pada intinya, Hatta selaku Ketua Umum PAN memberikan pesan kepada seluruh kader PAN, agar selalu mengutamakan persatuan bangsa.

Hatta, kata dia, mengingatkan agar pesta demokrasi tidak menyebabkan bangsa menjadi terbelah.

"Apalagi sekarang kita dalam suasana bulan Ramadan, bulan ini jadi kemenangan umat islam, Pak Hatta Rajasa mengajak kader menjaga situasi damai supaya masyarakat bisa tenang menjalankan ibadah Ramadhan," ujarnya.

Drajad mengatakan KPU sebagai lembaga independen yang ditunjuk negara untuk menyelenggarakan pemilu harus dihormati.

Namun, pihaknya tetap mengharapkan KPU menjalankan amanat yang diberikan dengan benar.

Pada sesi wawancara itu, Drajad juga sempat membantah bahwa pihaknya sedang merancang langkah untuk merapat ke kubu Jokowi-JK. Dia menyebut hal itu sebagai fitnah.

"Tidak ada merapat, itu fitnah," kata dia.

Pada Selasa siang, Prabowo Subianto menyatakan dirinya bersama Hatta Rajasa menarik diri dari proses Pilpres 2014, karena pertimbangan ditemukannya tindak pidana kecurangan pemilu yang melibatkan penyelenggara dan pihak asing dengan tujuan tertentu.

"Kami sebagai pengemban mandat suara rakyat, akan menggunakan hak konstitusional kami, yaitu menolak pelaksanaan Pilpres 2014 yang cacat hukum dan menarik diri dari proses yang sedang berlangsung," kata Prabowo dalam konferensi pers di Rumah Polonia, Selasa siang.

Prabowo mengatakan dirinya dan Hatta Rajasa tidak bersedia mengorbankan mandat yang telah diberikan oleh rakyat, lantas dipermainkan dan diselewengkan.

"Kami siap menang dan siap kalah, dengan cara yang demokratis dan terhormat. Untuk itu kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memilih kami, untuk tetap tenang," kata Prabowo.

Namun pernyataan Prabowo yang tertulis di sebuah kertas dan dibacakannya sendiri itu, hanya ditandatangani oleh Prabowo sendiri, tanpa ditandatangani oleh Hatta Rajasa.

Hingga saat ini, Hatta Rajasa belum menyatakan pandangannya secara pribadi.

Menurut Drajad, ketidakhadiran Hatta saat Prabowo mendeklarasikan menarik diri dari proses pilpres itu, karena Hatta memiliki tugas lain pada waktu yang sama.