Jembatan Comal diusahakan Kamis Siap

id Jembatan Comal Usahakan Kamis Siap, pemalang, jawa tengah, jembatan, lintas

Jembatan Comal diusahakan Kamis Siap

Sejumlah pengguna jalan melintas jembatan darurat akibat jalan yang terputus di Jembatan Way Basohan, Kecamatan Biha, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, Senin (3/12). (FOTO ANTARA DOK/Agus Suroso)

Kami akan membuka bila ada jaminan dari segi teknis bahwa jembatan itu telah aman dilewati."
Jakarta (Antara Lampung) - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengupayakan Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, yang ambles bakal dapat dilintasi kembali oleh para pemudik pada Kamis 24 Juli 2014.

"Diusahakan dapat dibuka hari Kamis (24/7)," kata Djoko Kirmanto di Jakarta, Senin.

Menurut Djoko, permasalahan dari amblesnya Jembatan Comal adalah air yang menggerus jembatan sehingga mengakibatkan bergeraknya fondasi sehingga menjadi agak turun.

Untuk itu, ujar dia, Jembatan Comal saat ini ditutup total dan bagian utara dari jembatan tersebut dinilai dalam kondisi parah sedangkan bagian selatan diharapkan dapat difungsikan secepatnya.

"Kami akan membuka bila ada jaminan dari segi teknis bahwa jembatan itu telah aman dilewati," katanya.

Sementara itu Dirjen Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengatakan, bila perbaikan Comal telah selesai maka kendaraan yang akan melintasi jembatan tersebut akan dibatasi.

Namun, ujar dia, bila terjadi lagi perubahan penurunan tanah maka akan disetop dan pihaknya membentuk tim yang akan memantau hal tersebut setiap hari.

Sebelumnya, Kementerian Pekerajaan Umum menargetkan pemasangan jembatan darurat Comal akan dituntaskan dalam waktu lima hari ke depan.

"Penanganan tersebut akan memakan waktu kurang lebih selama lima hari mendatang dan sudah bisa dimanfaatkan untuk lalu lintas, terutama menghadapi mudik lebaran," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian PU Djoko Mursito menjawab pers di Jakarta, Jumat (18/7).

Jembatan dengan panjang 120 meter dengan lebar 2x6 meter dan dibangun pada tahun 2003 (arah menuju Jakarta) dan 1989 (arah menuju Semarang) itu amblas sejak Kamis malam (17/7) pukul 12.10 WIB.

Akibatnya, jalur lalu lintas lumpuh dari Jakarta ke Semarang dan sebaliknya, sehingga lalu lintas di lokasi tersebut harus dialihkan.