Icuk: Banyak Atlet Berminat Perkuat DKI

id icuk sugiarto, dki jjakarta, perkuat, atlet, koni dki, atlet, pon 2016

Icuk: Banyak Atlet Berminat Perkuat DKI

Tunggal putri Indonesia Lindaweni Fanetri berlatih di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Kamis (17/7). Lindaweni berlatih meningkatkan tekniknya untuk kejuaraan BWF World Championships 2014 di Denmark pada 25 Agustus 2014. ANTARA FOTO/Alviansyah Pasari

Bukan kami yang menarik atlet, tapi atlet sendiri yang berminat memperkuat DKI. Ada banyak alasan kenapa pengen pindah, diantaranya terkait dengan lokasi pendidikan."
Jakarta, (ANTARA LAMPUNG) - Wakil Ketua Umum KONI DKI Jakarta Icuk Sugiarto mengatakan banyak atlet dari provinsi lain berminat memperkuat kontingen DKI Jakarta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat meski banyak pula atlet ibukota yang diminati daerah lain.

"Bukan kami yang menarik atlet, tapi atlet sendiri yang berminat memperkuat DKI. Ada banyak alasan kenapa pengen pindah, diantaranya terkait dengan lokasi pendidikan," kata Icuk Sugiarto di Jakarta, Jumat.

Meski banyak atlet yang berminat memperkuat kontingen DKI Jakarta, juara dunia bulutangkis 1983 itu tidak menjelaskan dengan detail nama-nama atlet tersebut. Informasi yang berkembang, atlet yang bergabung dengan kontingen ibukota itu diantaranya dari cabang balap sepeda.

Icuk menjelaskan, semakin dekatnya pelaksanaan kejuaraan olahraga terbesar di Indonesia itu, perpindahan atlet dari provinsi satu dengan provinsi yang lain memang mencuat. Bahkan beberapa provinsi terang-terangan meminta atlet DKI Jakarta untuk pindah dukungan.

"Seperti Jawa Timur.  Mereka datang kesini untuk meminta persetujuan. DKI akan membantu Jawa Timur. Yang jelas, meski atlet kami pindah bukan berarti kekuatan DKI akan melemah," katanya menambahkan.

Atlet asal DKI Jakarta yang berpeluang memperkuat provinsi lain pada PON 2016 itu diantaranya dari cabang olahraga bowling, tenis dan renang. Saat ini proses perpindahan terus berjalan.

DKI Jakarta pada PON 2016 tetap menargetkan mampu mempertahankan predikat juara meski tuan rumah Jawa Barat dipastikan akan memberikan perlawanan. Beberapa cabang olahraga unggulan terus diintensifkan pembinaannya.

"Pada PON Riau kita hanya selisih delapan emas dari Jawa Barat. Kami melihat tuan rumah juga berambisi menjadi juara. Makanya kita harus berusaha semaksimal mungkin mempertahankan predikat juara," katanya dengan tegas.

Demi merealisasikan target, KONI DKI Jakarta terus menyiapkan atlet-atlet terbaiknya. Pemusatan latihan terus dilakukan termasuk melakukan pelatihan ke luar negeri. Selain itu juga menambah kemampuan pelatih melalui pendidikan dan pelatihan.

"Untuk pelatihan diluar negeri kami akan memaksimalkan kerjasama sister city. Saat ini kami mengintensifkan rencana pelatihan ke Beijing, Tokyo, Seol, Budapest hingga ke Sidney," kata Kepala Bidang Hubungan Lembaga dan Luar Negeri KONI DKI Jakarta, Hendro Waskito.

Menurut dia, pelatihan diluar negeri akan disesuai dengan karakteristik sister city. Untuk Tokyo fokus pada cabang karate, yudo dan kempo. Seol fokus pada cabang panahan, menembak, gulat dan taekwondo. Untuk ke Budapest akan fokus pada pelatihan cabang olahraga catur.