Lamtim Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Pemudik

id Mudik, sukadana, lamtim, dinkes, rawat, penyakit, tenaga medis, tim medis, dokter, paramedis, mudik, Baauheni, Lampung Selatan

Lamtim Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Pemudik

Seorang dokter memeriksa seorang pemudik yang mengalami gangguan kesehatan di Posko Kesehatan Pelabuhan Bakauheni. (FOTO ANTARA/Kristian Ali).

Kami telah mengintruksikan seluruh puskesmas rawat inap dan puskesmas untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada pemudik yang kami perkirakan mengalami peningkatan dari jumlah arus mudik pada tahun sebelumnya."
Sukadana, Lampung Timur,  (ANTARA LAMPUNG) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pemudik sepanjang jalan lintas pantai timur Sumatera menjelang H-7 Idul Fitri 1435 Hijriah di wilayah kabupaten itu.
        
"Kami telah mengintruksikan seluruh puskesmas rawat inap dan puskesmas untuk meningkatkan layanan kesehatan kepada pemudik yang kami perkirakan mengalami peningkatan dari jumlah arus mudik  pada tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, Untung Supeno, di Sukadana, Jumat.
        
Ia menyebutkan, DinKes Lampung Timur akan mendirikan dua posko induk selama arus mudik maupun arus balik tahun 2014.
        
Dua Posko tersebut berada di Kecamatan Pekalongan dan Kecamatan Rajabasa Lama Lampung Timur Provinsi Lampung.
        
Dengan didirikannya Posko Yankes itu, menurut untung, dapat memberikan pertolongan pertama bagi pemudik yang mengalami kendala pada kesehatan pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat.
        
Untung mengatakan, pihaknya telah memerintahkan seluruh kepala puskesmas dan rawat inap agar lebih  meningkatkan pelayanan ekstra cepat, tanggap dan akurat untuk memberikan pertolongan bagi pemudik jika menderita sakit.
       
Ia menegaskan, seluruh tenaga kesehatan yang ada di 24 Kecamatan agar dapat bergantian shif dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan, sehingga posko tetap dalam kondisi siaga.
        
"Kepada seluruh tenaga kesehatan, baik yang bertugas di puskesmas induk, puskesmas pembantu hingga rawat inap agar dapat bergantian jadwal tugas, agar layanan kesehatan mudik lebaran tetap dalam kondisi siaga," ujarnya.
        
Sehingga, jika diperlukan sewaktu-waktu tenaga kesehatan dalam memberikan pertolongan, pelayanan dapat terlayani sesuai yang diharapkan bersama, tambahnya.