Lampung Barat Jadi Percontohan CBO Kabupaten Sigi

id lambar, sigi, cbo

Lampung Barat Jadi Percontohan CBO Kabupaten Sigi

Wakil Bupati Lampung Barat Drs H Makmur Azhari menyerahkan cinderamata ke Bupati Sigi Ir H Aswadin Randalembah M Si (FOTO ANTARA/Humas Lambar)

Lampung Barat sengaja dipilih sebagai tujuan kunjungan karena dikenal berhasil dalam mengelola hutan dengan melibatkan peran serta dari masyarakat,"

Liwa (Antara Lampung) - Pemerintah Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah belajar kebijakan pengelolaan hutan berbasis masyarakat atau Community Based Organization (CBO) di Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

Bupati Sigi Ir H Aswadin Randalembah M Si, mengatakan, saat kunjungan ke Lampung Barat, Senin, tujuan dari kunjungan ini untuk melakukan studi kebijakan pengelolaan Community Based Organization (CBO).

"Lampung Barat sengaja dipilih sebagai tujuan kunjungan karena dikenal berhasil dalam mengelola hutan dengan melibatkan peran serta dari masyarakat," ujar dia. 

Pihaknya berharap Pemkab Lampung Barat bersedia berbagi pengalaman terkait pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (Hkm) yang selama ini telah dijalankan dengan baik. 

Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Barat, Drs H Makmur Azhari, mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh Pemkab Sigi dalam rangka implementasi CBO yang nantinya juga akan diterapkan di Pemkab Sigi. 

Ia menyebutkan, pengelolaan sumberdaya alam (Hutan dan Daerah Aliran Sungai/DAS) melalui pemberdayaan merupakan langkah yang tepat dalam menumbuhkembangkan pola pikir masyarakat tentang pentingnya melestarikan lingkungan sebagai upaya mengurangi degradasi lahan. 

"Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dengan terpenuhinya kebutuhan hidup melalui kegiatan - kegiatan yang mendukung upaya konservasi," ujarnya. 

Wabup juga berharap melalui kunjungan ini bisa mempererat hubungan ke dua daerah ini. 

"Saya berharap kunjungan ini dapat menumbuhkan serta semakin mempererat hubungan antara Pemkab Lampung Barat dengan Pemkab Sigi Provinsi Sulawesi Tengah," kata dia.

Pada kunjungan tersebut, Bupati Sigi didampingi oleh Kepala Balai Pengelolaan DAS Palu Poso Ir Eko Gatut Wiranto MP, Counterpart BPDAS Palu Poso Wachid Noor Hikmahwan Sos, beserta beberapa pejabat Pemkab Sigi.

Rombongan tersebut disambut langsung oleh Wakil Bupati Lambar Drs H Makmur Azhari, asisten I, II, III, beserta sejumlah kepala SKPD di ruang pertemuan Kantor Bupati Lampung Barat.