Tujuh Siswa SMP Lampung Ke OSN 2014

id Tujuh Siswa SMP Lampung Ke OSN 2014, Padang, Sumatera Barat, RSBI, Eks, Haryanto, Isna, bela, Unggulan, Olimpiade, Sains, Teknologi, IP, IPS, Matemati

Tujuh Siswa SMP Lampung Ke OSN 2014

Para siswa SMP Negeri-1 Kota Bandarlampung sedang menampilkan karya seninya. (ANTARA FOTO Dok/M.Tohamaksun).

Setelah upacara pelepasan sekaligus berdoa bersama dengan rekan-rekannya di sekolah pada hari Rabu (14/5), tiga siswa itu berangkat ke Padang pada Kamis, didampingi guru pendamping dan dari Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Lampung."
Bandarlampung (Antara Lampung) - Provinsi Lampung mengirimkan tujuh siswa terbaik Sekolah Menengah Pertama (SMP), sementara SMP Negeri (SMPN)-1 Kota Bandarlampung yang merupakan sekolah eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) menyumbang tiga siswa untuk mewakili Lampung ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP di Padang, Sumatera Barat, 15-21 Mei 2014.

Kepala SMPN-1 Bandarlampung, Drs H Haryanto MSi didampingi Wakil Manajemen Mutu (WMM) SMPN setempat, Asep Sudrajat SPd, di Bandarlampung, Sabtu, menjelaskan ketiga anak didiknya itu telah meninggalkan Kota Bandarlampung pada Kamis (15/5) menuju Padang, Sumatera Barat.

"Setelah dilakukan upacara pelepasan sekaligus berdoa bersama dengan rekan-rekannya di sekolah pada hari Rabu (14/5), tiga siswa itu berangkat ke Padang pada hari Kamis, didampingi para guru pendamping dan dari Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Lampung," kata Haryanto.

Ia mengaku bangga bahwa anak didiknya terpilih oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Mengenah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ke OSN di Padang itu.

Ketiga siswa SMP Negeri-1 Kota Bandarlampung yang mendapat kepercayaan mewakili Lampung ke pentas sains pelajar nasional adalah Farhan Rafiqi, Muhammad Fajril Afkaar Ali M, dan Dinda Arum Sukma Ningtyas.

Wakil Manajemn Mutu SMP Negeri-1 Bandarlampung, Asep Sudrajat, menambahkan sesuai dengan surat pemanggilan peserta OSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2014 dari Direktur Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud, terdapat tujuh siswa dan siswi SMP di Provinsi Lampung yang mengikuti OSN SMP 2014 itu.

Selain tiga dari SMP Negeri-1 Kota Bandarlampung juga terdapat empat siswa lainnya, masing-masing Ilham Kurniadi dari SMPN-2 Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur; Aura Antaresta dan Eva Maisarami Ta Gayoris dari SMP Negeri-2 Kota Bandarlampung; dan Muhammad Afi Naufal dari SMPN-1 Kota Metro, Lampung.

Sesuai dengan ketentuan dari panitia penyeleggara, ke-7 siswa SMP Lampung yang berprestasi itu didampingi oleh tiga orang guru pendamping, yang terdiri atas satu orang guru pendamping mata pelajaran Matematika, satu orang guru pendamping mata pelajaran IPA (Fisika dan Biologi), dan satu orang guru pendamping mata pelajaran IPS, serta satu orang ofisial dari Dinas Pendidikan provinsi.

Setiap peserta juga diminta oleh pihak panitia untuk menyiapkan dua orang siswa (laki-laki dan perempuan) untuk membawa pakaian adat provinsi yang akan digunakan pada upacara Hari Kebangkitan Nasional.

Kepala sekolah, para anggota dewan guru, dan para siswa keluarga besar SMPN-1 Bandarlampung mengharapkan ketujuh wakil Lampung, termasuk tiga dari SMPN-1 itu bisa meraih prestasi terbaik demi membawa nama harum daerah Lampung di kancah nasional pada OSN SMP Tahun 2014 di Sumatera Barat itu.    

Pada Tahun Pelajaran (TP) 2013/2014, siswa SMPN-1 Kota Bandarlampung yang mengikuti ujian nasional (UN) juga meningkat dari 146 siswa pada tahun sebelumnya (2012/2013) menjadi 171 siswa pada tahun ini.