400 Orang Terjangkit Mers, 100 Tewas

id 400 Orang Terjangkit Mers, 100 Tewas, Arab Saudi, Saudi Arabia, Virus, Penyakit

400 Orang Terjangkit Mers, 100 Tewas

Sejumlah jamaah haji Indonesia antre memasuki pemeriksaan imigrasi di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi. (FOTO ANTARA Dok/Prasetyo Utomo).

Sejauh ini 115 orang di Arab Saudi yang terjangkit virus itu telah tewas."
Kuwait (Antara/Reuters) - Delapan belas orang lagi di Arab Saudi telah terjangkit Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) yang berpotensi mematikan sehingga jumlah kasus di kerajaan itu mencapai 414 orang, menurut Kementerian Kesehatan, Senin, dengan lebih seperempat dari mereka telah tewas.

Kasus-kasus baru itu, yang dilaporkan dalam 48 jam terakhir, terjadi di ibukota Riyadh , kota pantai Jeddah , dan kota-kota suci Mekkah dan Madinah , kata kementerian itu di lamannya .

Penyebaran penyakit itu merupakan masalah bagi Arab Saudi yang akan menjadi tuan rumah jutaan jemaah asing pada bulan Juli di Mekkah dan Madinah selama bulan puasa Islam Ramadan. Jutaan lebih dijadwalkan tiba pada bulan Oktober untuk melakukan ibadah haji tahunan .

Sejauh ini 115 orang di Arab Saudi yang terjangkit virus itu telah tewas, kata kementerian itu . Banyak dari mereka yang terkena dampak telah petugas kesehatan asing.

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) mengatakan pada hari Senin bahwa Jordania telah melaporkan kasus baru virus MERS . Seorang pria berusia 28 tahun dari Arab Saudi merupakan kerabat dari seseorang yang sebelumnya dilaporkan terjangkit MERS , katanya .

Negara-negara kawasan, termasuk Qatar , Kuwait, Uni Emirat Arab , Oman dan Tunisia serta beberapa negara di Eropa juga telah melaporkan kasus MERS sejak virus itu muncul . Pada hari Senin Mesir mengatakan sedang menyelidiki apakah seorang wanita berusia 60 tahun meninggal dunia karena MERS .

Pekan lalu Amerika Serikat mengatakan telah mengkonfirmasi kasus pertama penyakit itu pada seorang pria yang baru-baru ini berada di Arab Saudi . Mesir juga melaporkan kasus pertama yang juga menjangkiti seorang pria yang telah melakukan perjalanan ke kerajaan itu.

Infeksi MERS di Arab Saudi, yang ditemukan dua tahun lalu, telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak awal April , namun jumlah korban tewas telah meningkat pada tingkat yang lebih lambat .

MERS merupakan bentuk coronavirus seperti SARS yang lebih mematikan . Penyakit itu dapat menyebabkan demam , batuk , sesak napas dan pneumonia , tetapi tidak mudah untuk menular antar manusia. WHO tidak menyarankan pembatasan perjalanan apapun ke Arab Saudi .

Penerjemah: G.N.C. Aryani/A. Krisna.