Dipertanyakan, Kotak Suara Dari Tulangbawang Belum Tiba

id Pemilu, Lampung

Mereka baru menyelesaikan rekapitulasi subuh hari ini,"
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Kotak suara hasil pleno rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulangbawang yang belum tiba hingga Rabu(23/4) petang pada pelaksanaan pleno di tingkat KPU Provinsi Lampung, dipertanyakan saksi.

Saksi PDI Perjuangan Dahlan Sulaiman, di Gedung Pusiban Pemprov Lampung di Bandarlampung, Rabu mempertanyakan keberadaan kotak suara maupun para komisioner KPU Tulangbawang yang belum berada pada pleno rekapitulasi tingkat provinsi setempat.

"Jangan sampai peristiwa dulu adanya kehilangan suara dari satu kabupaten terjadi lagi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan hasil perolehan suara parpol di provinsi ini," kata dia.

Ia berharap adanya informasi lengkap terkait ketiadaan kotak suara sebagai bukti fisik perhitungan hasil pemilu legislatif di tingkat KPU kabupaten tersebut.

Selain itu, dia juga meminta penyelenggara untuk menyediakan kopi, agar peserta dan petugas yang mencatat serta membacakan tidak sampai mengantuk.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Provinsi Lampung, Dr Nanang Trenggono MSi menjelaskan, lima komisioner beserta sekretaris KPU Tulangbawang dan bukti fisik kotak suara hasil pleno kabupaten tersebut masih dalam perjalanan ke Bandarlampung.

"Mereka baru menyelesaikan rekapitulasi subuh hari ini, sehingga penghitungan hasil pemungutan suara secara total dengan rekapitulasi dan pemberkasan baru selesai siang, dan hingga saat ini masih dalam perjalanan," kata dia.

Pihaknya menjamin tidak ada kehilangan bukti fisik suara dari KPU Tulangbawang tersebut.

"Mereka semua masih dalam perjalanan, kami jamin tidak ada permasalahan setelah KPU Tulangbawang melaksanakan perhitungan ulang dengan persetujuan Bawaslu dan KPU Lampung," kata dia lagi.

Berkaitan permintaan minuman kopi, Nanang menyatakan akan segera merealisasikannya agar seluruh pelaksanaan rekapitulasi ini bisa berjalan lancar.

Hingga pukul 16.13 WIB Rabu sore, kotak suara dari KPU Tulangbawang belum sampai di ruang rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat KPU Lampung.

Sementara pembacaan hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten/kota baru dari Kota Bandarlampung, Lampung Selatan, Metro, Pesawaran, Pringsewu, sedangkan dari Tanggamus dan Lampung Barat masih berjalan.