Jokowi Kembali "Blusukan" Ke Lampung

id Jokowi Kembali Blusukan Ke Lampung

Jokowi Kembali "Blusukan" Ke Lampung

Kalianda (Antara Lampung)- Capres PDIP Perjuangan Joko Widodo kembali "blusukan" ke Lampung untuk kedua kalinya dalam sebulan terakhir. Kunjungan sebelumnya terkait kampanye Pemilu legislatif lalu, namun kunjungan kali ini untuk menjalin kerja sama dengan Pemprov Lampung.

Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Lampung Sjacroedin ZP melakukan "blusukan" bersama, bahkan yang bertindak sebagai sopir untuk Jokowi adalah Gubernur Lampung.

Menurut Jokowi,   Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  dan Lampung akan segera menjalin kerja sama pengiriman 14 komoditas pertanian dan peternakan dari Lampung ke Jakarta.
    
"Saat ini masih dalam penjajakan dari 14 komoditas itu mana yang bisa dikerjasamakan, salah satunya sapi potong," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, saat meninjau peternakan sapi PT Juang Jaya Abadi Alam di Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, Lampung, Rabu.
   
Ia menjelaskan, salah satunya pengiriman sapi potong yang idealnya masuk ke Jakarta sudah dalam bentuk daging siap dimasak dan konsumsi.
   
Saat ini,  DKI Jakarta sudah terlalu banyak lalu-lalang komoditas, tapi belum ada yang siap digunakan dan konsumsi.
     
Ia mencontohkan, seperti komoditas pertanian jagung, saat ini masuk ke Jakarta dalam bentuk utuh sekalian kulitnya, kemudian di pasar baru di buang kulitnya.
 
"Dalam sehari sampah di Jakarta mencapai 6.000 ton sampah dan 2.000 dari pasar," kata dia.
   
Selain itu, komoditas kelapa dikirim dengan serabut dan batoknya dan menjadi masalah lagi dengan di Jakarta.
   
Lanjut dia, begitu juga sapi yang seharusnya 10 truk, bisa jadi 1 truk dalam bentuk daging kemasan.
   
Oleh karena itu rencananya dengan kerja sama ini, ternak dapat dipotong di Lampung kemudian dikirim ke Jakarta dalam bentuk daging.
   
Selain itu, Jokowi menyempatkan bersilaturahmi dengan tokoh adat, tokoh masyarakat di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.