Pleno KPU Lampung Dijaga Amat Ketat

id Kantor KPU Lampung Dijaga Amat Ketat

Bandarlampung (Antara Lampung) - Ratusan aparat kepolisian dari Polresta Bandarlampung dan Polda Lampung disiagakan untuk mengamankan proses rekapitulasi suara pemilihan legislatif tingkat provinsi oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung, yang berlangsung di Gedung Pusiban Komplek Pemprov Lampung.
         
Berdasarkan pantauan di lokasi, Rabu, pemeriksaan terhadap pengunjung berlangsung ketat mulai dari  pagar pintu masuk, dan disiagakan 500-an personel untuk mengamankan proses penghitungan.
         
Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, polisi membagi pengamanan di lokasi menjadi dua ring pengamanan.
         
Pengamanan berlangsung mulai dari pintu gerbang komplek Pemprov Lampung yang dimanfaatkan polisi menjadi satu pintu untuk akses keluar-masuk lokasi penghitungan.
         
Untuk memasuki lokasi, semua pengunjung harus menggunakan ID khusus, yang telah dibagikan oleh KPU Lampung beberapa hari sebelumnya.
          
Selain itu, untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, semua pengunjung yang hendak memasuki lokasi penghitungan harus melewati detektor logam dan harus bersedia digeledah.
         
"Korek gas termasuk barang yang tidak diizinkan untuk dibawa masuk," kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih.
          
Pengalaman di beberapa KPU kabupaten/kota sebelumnya, sempat terjadi kericuhan di beberapa tempat saat pleno rekapitulasi.
          
Acara rekapitulasi Pileg tingkat provinsi Lampung menurut jadwal akan diadakan hingga pukul 22.00 WIB pada Rabu, dan akan berlanjut pada keesokan harinya.
          
Diperkirakan, pleno rekapitulasi penghitungan suara tersebut akan memakan waktu dua hari, hingga Kamis malam (24/4)