Indonesia Semarakkan Festival Turki

id Munawar Saman Makyanie

Kairo  (Antara Lampung) - Kontingen Kesenian dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Avicenna, Jakarta mewakili Indonesia untuk menyemarakkan Festival Tarian Rakyat Internasional Tingkat Anak-Anak (Kucukcekmece International Children Folklore Festival) di Istambul, Turki.
       
Ketua Kontingen, Dina Bayundani, kepada ANTARA Kairo, Senin mengatakan, dalam festival  tersebut Indonesia menampilkan tarian khas Nusantara, antara lain Tari Ratoeh Jaroe dari tanah Rencong Aceh, diiringi penampilan perkusi rapai  serta tari Giring-Giring (Kalimantan) dan Lenggang Nyai (Betawi).
       
Festival internasional yang digelar di kota bersejarah Istambul itu berlangsung selama sepekan dari 19-26 April 2014.
       
Dina menjelaskan, kontingen Indonesia berjumlah 19 dan didampingi Farha Faisal Abudan dan Tini Sumartini dari Komite Sekolah Avicenna Jakarta serta didukung Medco Foundation.
       
Disebutkan, Duta Besar RI untuk Turki, Nahari Agustini dan Konsul Jenderal RI di Istambul, Hariadi Kusumaningprang menyambut baik dan memberi dukungan penuh kepada Kontingen Kesenian Indonesia.
       
Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Ankara, Robertus Irawan, mengemukakan setiap penampilan kontingen Indonesia dalam festival tersebut disambut hangat dan tepuk tangan meriah  hadirin.
       
"Walikota Istambul terkesan dengan penampilan tarian Indonesia sehingga secara khusus meminta foto bersama," tutur Dina.
       
Selain tampil di panggung festival, kontingen Indonesia juga diarahkan oleh panitia untuk memperkenalkan kesenian Indonesia di beberapa sekolah di Istanbul.
       
Menurut Dina, selama  festival berlangsung, para pelajar Indonesia tersebut menginap bersama orang tua angkat warga Turki (host parents), sehingga dapat menambah wawasan budaya masyarakat setempat.

Redaktur : Hisar Sitanggang