Partisipasi Pemilih Kabupaten Waykanan 75,49 Persen

id pemilu, waykanan, partisipasi, kpu

Partisipasi pemilih itu lebih tinggi dari target nasional sebesar 75 persen,"
Waykanan, Lampung, (Antara Lampung) - Partisipasi pemilih di Kabupaten Waykanan Lampung pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 mencapai 75,49 persen, ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum setempat Sukindra.

"Partisipasi pemilih itu lebih tinggi dari target nasional sebesar 75 persen," ujar Sukindra, di Blambanganumpu yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Senin.

Pada Pemilu 2014 di Waykanan memperebutkan 40 kursi di lima daerah pemilihan. Jumlah calon legislatif yang dipilih oleh masyarakat sebanyak 378 orang, yaitu 150 caleg perempuan dan 228 caleg laki-laki berasal dari 12 partai politik.

Komisioner KPU Waykanan lainnya Erwan Bustami dalam beberapa kesempatan mengatakan, pihaknya berupaya mempertahankan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2014 sekitar 78 persen dengan mengacu pada pemilihan kepala daerah (pemilukada) setempat pada 2010.

"Partisipasi pemilih memang lebih tinggi pada pemilukada karena mungkin menjadi kegiatan daerah," kata Sukindra didampingi Komisoner KPU Waykanan lainnya, Matson Suhaeri.

KPU Waykanan kata Sukindra menambahkan, bersyukur rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2014 di "Bumi Petani" telah berlangsung kondusif.

"Kepada para demonstran yang datang, kami telah menjelaskan bahwa KPU Waykanan telah mencocokkan data, memanggil saksi untuk membuktikan komitmen terwujud pemilu bersih," kata dia lagi.

Rapat rekapitulasi suara berlangsung Minggu (20/4) dan berakhir Senin (21/4) pada pukul 03.00 WIB.

"Berdasarkan perolehan suara para caleg memang sudah ketahuan yang akan duduk di legislatif pada periode 2014--2019, namun untuk publikasi baru bisa dilakukan pada 11 Mei mendatang," ujarnya lagi.

Pada Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Waykanan, yakni Kecamatan Waytuba, Bumiagung, Buaybahuga, dan Bahuga yang memperebutkan tujuh kursi, Sahdana dari PDI Perjuangan merupakan satu-satunya incumbent yang suaranya paling tinggi dan diperkirakan kembali menduduki kursi dewan di daerah ini.

"Sekitar 60 persen kursi legislatif Waykanan akan diisi wajah baru," kata Sukindra pula.