Mahasiswa Kehutanan Unila Tanam Mangrove

id Mahasiswa Kehutanan Unila Tanam Mangrove

Mahasiswa Kehutanan Unila Tanam Mangrove

Mahasiswa Kehutanan (Himasylva) Unila melakukan penanaman mangrove bersama warga di pesisir Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. (FOTO: ANTARA LAMPUNG/Dok. Ist)

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Dalam rangka memperingati Hari Bumi 2014 yang bertemakan "Satukan Tekad, Selamatkan Bumi, untuk Masa Kini dan Masa Depan", Himasylva (Himpunan Mahasiswa Kehutanan) Universitas Lampung melaksanakan kegiatan pertama rangkaian Hari Bumi, yaitu Gerakan Tanam 1.000 Mangrove di Pulau Lahu, Pantai Sari Ringgung, Desa Sidodadi, Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Penanaman bibit mangrove pada Sabtu (19/4), menurut Ketua Umum Himasylva Muhammad Zazuli, adalah jenis Rhizophora (bakau).

Menurut dia, penanaman mangrove ini merupakan salah satu aksi nyata Himasylva untuk mempertahankan perisai mangrove di Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga fungsi hutan mangrove sebagai penyangga kehidupan masyarakat pesisir.
        
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Himasylva bersama dengan masyarakat sekitar.

Diharapkan dengan adanya partisipasi masyarakat dapat meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya keberadaan hutan mangrove sebagai pelindung terhadap gelombang dan arus laut, habitat alami biota laut dan  pencegah abrasi pantai, kata Zazuli lagi.

Selain kegiatan penanaman 1.000 mangrove, Himasylva juga melakukan coastal clean up, yaitu kegiatan membersihkan sampah yang ada di pantai.
 
Tujuan diadakannya coastal clean up adalah untuk menjaga kebersihan pantai, sekaligus menggugah masyarakat maupun pengunjung pantai untuk menjaga kelestarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupan di bumi.