GIS Ingin Mahfud Seperti Bung Hatta

id GIS Ingin Mahfud MD, Mahfud, Seperti Bung Hatta, Soekarto-Hatta, Proklamator,PKB, Partai Islam Capres, Cawapres, Pemilu, Pilpres, Pileg, Pemimpin MK,

GIS Ingin Mahfud Seperti Bung Hatta

Sejumlah pimpinan dan perwakilan pengurus partai politik peserta Pemilu 2014 menunjukkan nomor urut parpol usai pengundian di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta. (ANTARA Foto Dok/Prasetyo Utomo).

Di Eksekutif, legislatif, dan yudikatif beliau pernah menjabat posisi penting."
Bandarlampung (Antara Lampung) - Aliansi masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Satu (GIS) menginginkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menjadi sosok seperti Bung Hatta, seorang negarawan yang menghargai perbedaan dan demokrat tulen.

"Sebagai tokoh nasional, Pak Mahfud dapat mencontoh peranan Bung Hatta mengenai kebangsaan dengan menuangkan gagasannya dalam pembentukan konstitusi dan lain sebagainya," kata Ketua Bidang Media Gerakan Indonesia Satu Mirwan Karim di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan bahwa apabila Mahfud menjadi Wapres dipastikan bakal terjalin kerja sama yang baik antara presiden dan wakilnya atau dengan kata lain menjadi dwi tunggal.

Setiap permasalahan yang muncul atau hal lain, lanjutnya, tipikal Mahfud pasti akan mendiskusikannya kemudian dilakukan penyelesaian.

"Setiap permasalahan yang telah didiskusikan Pak Mahfud nanti yang menjadi eksekutornya seperti halnya Bung Hatta saat menjadi wapres," jelasnya.

Ia mengatakan tipe seperti itu bukan berarti akan lebih menonjolkan diri dari presidennya, namun akan tetap melakukan kebijakan di bawah presiden.

Mirwan mengatakan sebelumnya GIS mendukung Mahfud menjadi capres. Tapi setelah melihat konstelasi politik dengan hasil pemilu PDIP sebagai pemenang dan telah mencalonkan Jokowi sebagai capres maka kami mendukung mantan Ketua MK itu untuk digadang mendampingi Jokowi.

Ia menyebutkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam pertemuannya dengan Mahfud MD juga merestui mantan menteri di era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu berpasangan dengan Jokowi sebagai cawapres.

Menurutnya, Mahfud MD memiliki kapabilitas serta rekam jejak yang bagus. Selain itu juga memiliki pengalaman di legislatif sebagai anggota DPR RI, di eksekutif sebagai menteri pada pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, dan  yudikatif sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Mirwan menjelaskan, dengan pengalamannya di tiga unsur lembaga negara, kata dia, Mahfud diharapkan dapat menyusun tim perumus kebijakan pemerintahan mendatang, sekaligus sebagai motor dari reformasi kelembagaan institusi pemerintahan.

Ia menambahkan Mahfud MD pantas disebut negarawan mengingat kiprah beliau selama ini karena telah menjabat posisi penting di negara ini.

"Di Eksekutif, legislatif, dan yudikatif beliau pernah menjabat posisi penting," ujarnya pula.

Sebelumnya, Gerakan Indonesia Satu yang berasal dari 20 perwakilan di Tanah Air bersepakat mendukung penuh pencalonan Mahfud MD sebagai presiden. Kesepakatan itu tertuang dalam pendeklarasian Gerakan Indonesia Satu di Hotel Bintang Fajar, Yogyakarta, pada 31 Maret 2014.

Selain, dukungan pencalonan Mahfud MD, hasil rumusan Gerakan Indonesia Satu juga melakukan pemantauan Pemilu 9 April 2014.

Mahfud MD, kata dia, sudah selesai dengan jabatannya sehingga diharapkan siap mengabdikan dirinya untuk membangun bangsa dan negara.