Hasil Pilgub Di Lampung Barat

id Hasil Pilgub Di Lampung Barat, Pemilu, Caleg, Cagub, Cawagub, Pemilihan Umum, Ujicoba,

Hasil Pilgub Di Lampung Barat

Pasangan Calon gubernur dan calon wakil gubernur Lampung Nomo Urut-1 masa bhakti 2014-2019 pada Pemilihan gubernur (Pilgub) bersamaan dengan Pemilu Legislatif Rabu 9 April 2014, Ir H Belian Thang MM dan Drs H Mukhlis Basri. (ANTARA FOTO/Dok KPU Lampu

Kemenangan BerlianMu di Pilgub Lampung Barat ini, diikuti oleh kemenangan PDI Perjuangan dalam Pemilu Legislatif 2014 yang digelar 9 April 2014 bersamaan dengan pilgub Lampung tersebut."
Bandarlampung (Antara Lampung) - Hasil pleno pemungutan suara pemilihan gubernur Lampung 2014 di Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, menunjukkan pasangan Berlian Tihang-Mukhlis Basri unggul.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Edwin Hanibal, di Bandarlampung, Selasa malam membenarkan hasil rekapitulasi pemungutan suara pilgub Lampung telah diplenokan oleh sebagian besar KPU kabupaten/kota se-Lampung.

Informasi dari sekretariat KPU Lampung Barat menyebutkan, dalam pleno itu ditetapkan perolehan suara pasangan nomor urut 1. Berlian Tihang-Mukhlis Basri 101.780 (43,50 persen), 2. M Ridho Ficardo-Bakhtiar Basri 83.258 (35,58 persen), 3. Herman HN-Zainudin Hasan 37.801 (16,16 persen), 4. Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim 11.132 (4,76 persen), dengan jumlah suara 233.977.

Berlian-Mukhlis unggul mutlak di 15 Kecamatan di Kabupaten Lampung Barat, yaitu Kecamatan Kebun Tebu, Sumberjaya, Gedung Surian, Air Hitam, Way Tenong, Sekincau, Pagar Dewa, Belalau, Batu Ketulis, Batu Brak, Suoh, Bandar Negeri Suoh, Balik Bukit, Sukau dan Lumbok Seminung.

Kemenangan BerlianMu di Pilgub Lampung Barat ini, diikuti oleh kemenangan PDI Perjuangan dalam Pemilu Legislatif 2014 yang digelar 9 April 2014 bersamaan dengan pilgub Lampung tersebut.

Tapi sebaliknya di Kabupaten Pemekaran dari Lampung Barat yakni Pesisir Barat, kemenangan PDI Perjuangan dalam pemilu legislatif pada semua tingkatan DPRD kabupaten (23 persen), DPRD provinsi (25 persen), DPR RI (21 persen), tidak diikuti kemenangan dalam pilgub di daerah ini.

Sebelumnya Pj Bupati Pesisir Barat Kherlani terang-terangan mendukung pasangan Ridho-Bakhtiar, sehingga pasangan calon kepala daerah Lampung Ridho-Bakhtiar unggul di 9 kecamatan di Pesisir Barat, yaitu Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Selatan, Krui Selatan, Way Krui, Bengkunat, Bengkunat Belimbing, Ngambur, Karya Penggawa dan Lemong.

Sedangkan pasangan Herman-Zainudin Hasan menang pada dua kecamatan yaitu Pesisir Utara dan Pulau Pisang.

Rapat pleno penghitungan suara pilgub Lampung oleh KPU Lampung Barat dimulai pukul 14.00 WIB, dihadiri ketua dan anggota KPU daerah ini, Panwas kabupaten, Wakil Bupati Lampung Barat Makmur Azhari, dan unsur muspida serta empat saksi dari masing-masing calon, kemudian diskors pada pukul 16.00 WIB karena kotak suara untuk Kecamatan Suoh tertukar dengan kotak suara pemilu legislatif.  

Pleno dilanjutkan pada pukul 19.30 WIB hingga selesai.