Pemenang Pulitzer Diumumkan Di New York

id Pemenang Pulitzer Diumumkan Di New York, Amerika Serikat, AS, hadiah, Juara, Washington Post, Koran, media, Juara, Dunia

Penulis surat kabar tersebut juga memenangkan penghargaan Explanatoty Reporting untuk laporan tentang prevalensi stempel makanan pascaresesi Amerika."
New York (Antara/Xinhua) - Hadiah Pulitzer ke 98 diumumkan di Universitas Columbia New York, Senin, di mana Guardian US dan The Washington Post meraih penghargaan pelayanan publik yang didambakan.

"Satu catatannya adalah bahwa dua hadiah pelayanan publik itu diberikan kepada The Guardian US dan The Washington Post adalah karena mereka membantu mengarahkan diskusi publik yang seimbang antara keamanan dan kerahasiaan. Ini keempat kalinya kami punya dua medali emas," kata pengelola Hadiah Pulitzer Sig Gissler, dalam jumpa pers.

Ada 12 organisasi yang mewakili para pemenang dari 14 kategori jurnalistik. The Washington Post mendapat penghargaan atas keberhasilannya membuka pengamatan rahasia yang dilakukan oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) berdasarkan dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden.

Penulis surat kabar tersebut juga memenangkan penghargaan Explanatoty Reporting untuk laporan tentang prevalensi stempel makanan pascaresesi Amerika.

Juru foto The New York Times juga meraih dua Hadiah Pulitzer untuk Breaking News Photography, di mana memotret keterampilan dan keberanian dalam serangan terorisme di pusat perbelanjaan Westgate di Kenya, dan Feature Photography untuk foto korban ledakan Marathon Boston yang kehilangan kakinya.

Sementara itu, Local Reporting Prize (Hadiah Laporan Lokal) diraih oleh pewarta-pewarta The Tampa Bay Times untuk penyelidikan tanpa henti di tengah kondisi kotor perumahan tunawisma yang mengarah ke perubahan reformasi.

Untuk kedua kalinya dalam sejarah Pulitzer, masih belum ada pemenang untuk kategori Feature Writing.

Di antara tujuh kategori seni, penghargaan Fiksi (Fiction) diraih oleh "The Goldfinch", sebuah novel dengan karakter yang digambarkan dengan indah tentang anak laki-laki berduka dan sebuah lukisan kecil yang selamat dari kehancuran.

Sedangkan penghargaan Drama jatuh kepada "The Flick", sebuah drama dengan karakter yang dibentuk baik tentang tiga pegawai bioskop Massachusetts, menggambarkan kehidupan yang jarang terlihat di atas panggung.

Hadiah Pulitzer diciptakan oleh penerbit Hungaria-Amerika, Joseph Pulitzer dan dikelola oleh Universitas Columbia New York. Tiap pemenang menerima sertifikat dan hadiah uang tunai senilai 10.000 dolar AS.

Penerjemah: Ade/A. Krisna.