PAN Lampung Tengah Protes Hasil Pileg

id PAN Lampung Tengah Protes Hasil Pileg

Gunungsugih (Antara Lampung) - Ketua DPD Partai Amanat Nasional Lampung Tengah Abdulah Surajaya melakukan protes atas penyelenggaraan pemilihan legislatif pada 9 April, sebab ditemukan sejumlah kecurangan dalam pelaksanaanya.
        
"Kecurangan ini ditemukan oleh sejumlah saksi PAN yang ada di ratusan TPS Kabupaten Lampung Tengah. Salah satu kecurangan yang dilakukan adalah lembar C1 yang hanya fotocopy saja seharusnya salinan," kata Abdulah, di Lampung Tengah.
        
Dia mengatakan sejumlah warga yang seharusnya mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) dilingkungannya, tidak diperbolehkan dengan alasan surat suara habis dan mereka harus nyoblos di TPS lain.
        
"Sejumlah kecurangan tersebut banyak terjadi di TPS Terusannyunyai," kata dia.
        
Ia mengungkapkan hitungan saksi tidak sesuai dengan apa yang dilaporkan panitia TPS, padahal hal tersebut telah dilaporkan kepada pihak panwas setempat.
        
"Di lembaran C1 tidak sesuai dengan prolehan yang ditulis saksi PAN," katanya.
        
Dia menegaskan dengan banyaknya pelanggaran pada penyelenggaraan pemilu, pihaknya akan segera melaporkan ke panwas agar segera ditindaklanjuti.
        
Ia mengungkapka seharusnya KPU Lampung Tengah harus menunda pleno, jangan sampai masalah ini belum selesai timbul lagi yang baru.
        
"Pemilu di Kabupaten Lampung Tengah penuh kecurangan. Pihaknya juga mengancam akan melakukan orasi jika tuntutannya tidak dikonfirmasi oleh pihak panwas," kata dia.
        
Ia mengungkapkan bahwa pihaknya tidak ada maksud apa pun, apa bila partainya kalah pun sudah siap. Namun tidak bisa diterima jika kekalahannya dengan penuh kecurangan.

Redaktur : Hisar Sitanggang