Aqua Luncurkan Program Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi

id Aqua Luncurkan Program Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi

Peniangan, Lampung Timur (ANTARA LAMPUNG) - PT Tirta Investama (Danone-Aqua) bekerjasama dengan LSM Mitra Bentala meluncurkan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan limbah ternak sapi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan hidup di daerah sekitar khususnya Provinsi Lampung," kata SR CSR Danone-Aqua Lampung, Dersen Elphiwika, di Desa Peniangan, Kecamatan Marga Sekampung, Selasa (11/3).

Menurut dia, pihaknya telah menjalankan program peduli lingkungan di wilayah kerja guna ikut berpartisipasi dalam memajukan kesejahteraan serta peningkatan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan masyarakat.

"Ya kalau untuk menyediakan secara keseluruhan tentu sulit, namun dengan memberikan dukungan berupa pemberdayaan dalam pengembangan suatu sistem yang dapat dilakukan berkelanjutan sehingga dapat mensejahterakan masyarakat setempat masih memungkinkan," kata dia.

Dersen menyebutkan, salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan limbah ternak sapi untuk dijadikan kompos atau pupuk organik.

"Banyaknya masyarakat yang memiliki ternak sapi menjadikan salah satu alasan untuk melakukan pengembangan program tersebut, karena dengan demikian bahan bahan yang diperlukan tidak akan sulit didapatkan," kata dia pula.

Sebenarnya, ia melanjutkan, program itu sudah berjalan satu tahun yang lalu namun untuk peluncurannya baru dilaksanakan agar lebih terlihat hasilnya.

"Hasilnya akan lebih terlihat kalau sudah dilaksanakan, apabila saat dimulai program kita belum bisa memastikan dampak positif atau negatifnya," ujarnya menerangkan.

Ia berharap program itu dapat menjadi salah satu pelopor dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang lebih mandiri sehingga dalam menjalankan sistem pertanian tidak tergantung pada pupuk kimia.

"Pemanfaatan limbah ternak sapi ini sangat bermaanfaat untuk mengembalikan kesuburan tanah mengingat pupuk kompos hasil olahan tersebut sangat baik bagi tanaman pertanian," kata dia pula.

Sementara itu, Direktur Mitra Bentala Mashabi mengatakan, program ini merupakan bentuk kepedulian PT Tirta Investama kepada masyarakat di lingkungan usahanya.

"Program yang di latarbelakangi oleh pentingnya membangun sinergi para pihak untuk dapat saling memberikan manfaat dan mempertahankan potensi lingkungan secara bertanggung jawab dan terus menerus dengan melibatkan banyak pihak," ujarnya.

Ia melanjutkan, antusiasme masyarakat terhadap hadirnya program ini pun sangat besar karena dari satu kelompok yang kita bina dapat mengembangkannya menjadi salah satu alternatif pengganti pupuk kimia.

"Pupuk kimia sudah mulai diminimalisasi meskipun belum sepenuhnya hilang, namun sudah cukup signifikan," ujar dia.

Ia berharap ke depan banyak perusahaan yang dapat berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat sehingga rakyat Lampung akan menjadi lebih baik lagi.