Siapa yang Bagi-bagi Gula Pasir?

id Siapa yang Bagi-bagi Gula Pasir?, Sembako, Sabun, Minyak Goreng, Pileg, Politik, Pemlu, Legislatif, Calon, Balon, Gula Pasir

Laporan dari masing-masing kecamatan sudah masuk, namun untuk jumlah totalnya belum dikalkulasikan, tapi yang pasti ada ribuan ton gula pasir."
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Barat mengamankan ribuan ton gula pasir yang diduga dari pasangan calon kepala daerah atau partai politik tertentu, menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur dan pemilu legislatif di Provinsi Lampung.

"Laporan dari masing-masing kecamatan sudah masuk, namun untuk jumlah totalnya belum dikalkulasikan, tapi yang pasti ada ribuan ton gula pasir," ujar Ketua Panwaslu Lampung Barat, Raditya Ariadi Nugraha, saat dihubungi dari Bandarlampung, Jumat (7/3) malam.

Menurutnya, hasil temuan itu berada di wilayah Kabupaten Lampung Barat, antara lain berada di Suoh, Way Tenong, Pagar Dewa, dan Air Hitam, sedangkan di Kabupaten Pesisir Barat terdapat temuan serupa di Pesisir Utara, Lemong, dan Karya Punggawa.

"Temuan-temuan ini yang sudah masuk laporannya ke kecamatan, semuanya masih tertangkap sebelum didistribusikan kepada masyarakat," ujarnya lagi.

Saat ini, ia melanjutkan, pihaknya sedang melakukan pengecekan apakah barang-barang tersebut sengaja didatangkan dari Bandarlampung atau daerah setempat.

Mengenai indikasi pendistribusian gula itu terkait pilgub atau pemilu legislatif agar mendukung calon kepala daerah maupun parpol tertentu, ia mengatakan, masih diidentifikasi kepada pihak ekspedisi yang membawa barang-barang tersebut.

Dia mengingatkan agar semua pihak dapat mewujudkan pemilu yang demokratis tanpa adanya politik uang.

"Indikasinya jelas dari pihak atau salah satu pasangan cagub-cawagub Lampung, karena tidak mungkin tanpa ada alasan membagikan gula begitu banyak ke masyarakat," ujarnya lagi.

Memang, ia melanjutkan, belum ada unsur kampanye dalam temuan itu karena tidak ada stiker atau tanda-tanda untuk memilih calon atau parpol tertentu.

Namun menurut dia, tidak mungkin tanpa ada alasan yang jelas membagikan barang-barang tersebut.

Sementara itu, di Poncorejo Kecamatan Padangcermin Kabupaten Pesawaran juga tertangkap tangan pembagian sembako berupa gula pasir di masyarakat.

Berdasarkan laporan warga, terdapat 13 kepala keluarga yang telah terdata menerima pemberian gula pasir tersebut.