Ribuan Kendaraan Hias Ramaikan Pawai Kembang Telur

id Ribuan Kendaraan Hias Ramaikan Pawai Kembang Telur

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Sebanyak 6.500 kendaraan hias berupa mobil maupun sepeda motor mengikuti pawai kembang telur dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1435 Hijriah.

Pawao kendaraan hias kembang telur beragam bentuk itu dilepas oleh Wali Kota Bandarlampung Herman HN, di Lapangan Merah Enggal Bandarlampung, Sabtu (30/11), untuk selanjutnya melintasi jalan-jalan protokol di kota ini.

Jalan-jalan yang dilintasi dimulai dari Lapangan Merah Enggal, kemudian ke Jalan Sriwijaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan H Juanda, Jalan Dokter Susilo, Jalan Diponegoro, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini, Jalan Kotaraja, Jalan Raden Intan, Jalan Ahmad Ibrahim, dan terakhir masuk ke Jalan Sriwijaya untuk berakhir (finish) di Lapangan Saburai.

Pawai tersebut merupakan kerja sama antara Pemkot Bandarlampung dengan Majelis Taklim Rachmad Hidayat dan juga untuk memecahkan rekor MURI dengan kategori pesta kembang telur terbanyak di Indonesia.

Pawai kembang telur itu juga melibatkan seluruh kecamatan dan kelurahan se-Kota Bandarlampung termasuk sekolah-sekolah di kota ini.

Warga Kota Bandarlampung terlihat antusias menyaksikan pawai kendaraan hias kembang telur yang melintasi jalan-jalan protokol. Sejumlah warga berebutan mendapatkan kembang telur yang memang dibagikan oleh peserta.

Lazuardi, warga Durian Payung Kota Bandarlampung menyambut baik kegiatan tersebut, mengingat saat ini sangat jarang warga yang menggelar hari keagamaan seperti Tahun Baru Islam dengan membawa kembang telur.

"Dahulu biasanya warga membawa kembang telur saat ada perayaan keagamaan di masjid atau mushala. Tapi sekarang kembang telur ada hanya pada saat cukuran atau pemberian nama bayi," katanya.

Warga Kota Bandarlampung lainnya Riska mengatakan, pawai kembang telur menjadi daya tarik warga untuk menyaksikan kendaraan yang dihiasi berbagai bentuk model telur.

"Pawai kendaraan hias itu mirip seperti pawai pembangunan, bedanya hanya kendaraannya dihiasi kembang telur," ujarnya pula.

Menurutnya, kegiatan ini cukup mendapatkan sambutan meriah warga dan diharapkan berlanjut setiap tahun.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengatakan, pesta kembang telur ini diikuti oleh 6.500 kendaraan yang konvoi bersama mengelilingi Kota Bandarlampung.

Menurutnya, kegiatan pesta kembang telur ini untuk yang kedua kalinya di Bandarlampung dan diharapkan dapat mempertebal keimanan masyarakat kota ini.

Ia juga mengharapkan Kota Bandarlampung dapat meningkatkan pembangunan di berbagai sektor dan selalu kondusif.