Ayo, Menabung untuk Pembelian Hewan Kurban

id Ayo, Menabung untuk Pembelian Hewan Kurban, daging, sapi, kambing, Kurban, Qurban, Korban, Protesin, Miskin, Idl Adha, Lebaran, Hajo

Ayo, Menabung untuk Pembelian Hewan Kurban

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban berupa enam ekor sapi dan satu kambing hasil pembelian dengan dana tabungan hewan kurban warga RT03 Kelurahan Sukarame, Bandarlampung, Rabu (16/10). (ANTARA FOTO/Budisantoso Budiman).

Alhamdulillah, dengan kebersamaan dan saling percaya, tabungan dari ratusan warga di sini dapat terkumpul dan dipakai untuk membeli enam ekor sapi itu."
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Umat Islam warga Kota Bandarlampung di Provinsi Lampung terus berinisiatif mengembangkan tabungan bersama untuk pembelian hewan kurban yang siap disembelih pada Idul Adha setiap tahunnya.

Menurut Ketua RT03 Kelurahan Sukarame Kecamatan Sukarame, Maman Suparman, di Bandarlampung, Kamis (17/10), pengumpulan dana untuk tabungan pembelian hewan kurban di lingkungan warganya itu telah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir dan selama ini berjalan lancar, dengan umat Islam warga sekitar yang menjadi pesertanya terus bertambah.

Pensiunan pegawai PTPN VII Lampung itu menyebutkan, pada Idul Adha 1433 Hijriah tahun 2012 lalu, ratusan warga di RT03 Sukarame berhasil mengumpulkan dana untuk pembelian empat ekor sapi yang disembelih sebagai hewan kurban dengan dagingnya dibagikan kepada warga dan masyarakat setempat.

Pada Idul Adha 1434 Hijriah tahun 2013 ini, dengan peserta tabungan hewan kurban meningkat, dapat membeli sebanyak enam ekor sapi, ditambah sumbangan kurban satu ekor kambing yang telah disembelih dan dagingnya dibagikan kepada warga pada Rabu (16/10).

"Alhamdulillah, dengan kebersamaan dan saling percaya, tabungan dari ratusan warga di sini dapat terkumpul dan dipakai untuk membeli enam ekor sapi itu," kata dia lagi.

Direncanakan warga setempat akan melanjutkan tabungan untuk pembelian hewan kurban itu pada tahun 2014 mendatang, dengan nominal tabungan setiap bulan per orang mencapai ratusan ribu rupiah.

Ulama setempat Ustadz H Mufid SAg membenarkan bahwa pelaksanaan tabungan untuk pembelian hewan kurban itu merupakan inisiatif warga yang didukung oleh pamong setempat bersama para tokoh warga, sehingga dapat berjalan dengan baik dalam beberapa tahun ini.

"Pembelian hewan kurban bersama-sama dengan cara menabung setiap bulan selama setahun ini adalah tradisi yang baik dan meringankan bagi umat Islam yang berniat melaksanakan ibadah pemotongan hewan kurban pada setiap Idul Adha," ujar dia.

Dia berharap tradisi itu dapat diteruskan dengan selalu ada upaya untuk mengevaluasi dan memperbaikinya sehingga selain pesertanya semakin banyak, juga dapat tetap berjalan secara amanah sesuai ketentuan Islam.

Pengurus pengumpulan dana untuk pembelian hewan kurban warga RT03 Sukarame, Haryono, menyebutkan bahwa pihaknya mengimbau warga setempat untuk menjadi peserta tabungan kurban itu sesuai kemampuan masing-masing. Tapi dianjurkan dana untuk pembelian sapi itu, satu ekor sapi untuk tujuh orang, dipungut setiap bulan oleh petugas yang ditunjuk.

Namun bagi warga yang akan memberikan dana yang diperlukan sesuai kesepakatan secara sekaligus juga tetap dilayani, katanya lagi.

Tapi pihaknya berharap pada pelaksanaan pemotongan hewan kurban selanjutnya, pengumpulan dana untuk pembelian sapi atau kambing itu dapat dilakukan lebih cepat agar dapat memastikan pemesanan dan pembelian ternak sesuai keinginan dengan harga normal, mengingat bila melakukan pembelian mendekati Idul Adha harga ternak sapi atau kambing itu biasanya mengalami lonjakan harga cukup tinggi.

Saat ini harga sapi yang memenuhi standar untuk dikurbankan berkisar Rp12 juta per ekor bergantung ukurannya, dan untuk kambing pada kisaran harga Rp1,5 juta per ekor yang juga bergantung ukurannya. Harga ternak untuk kurban itu akan lebih murah bila dapat dibeli beberapa bulan sebelumnya.