PON 2020 Di Papua

Atlet altetik asal Papua, Agus Kono (Kanan) saat siap berlaga di arena lintasan atletik Porwanas XI-2013, di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan (19/9/13). (ANTARA FOTO/M.Tohamaksun).

Pada pendaftaran Papua tuan rumah Papua 2020 di KONI Pusat Gubernur Lukas Enembe akan didampingi 29 Bupati/Walikota se Papua."
Berita Terkait
Biak (Antara) - Sebanyak 23 Pengurus Provinsi Komite Nasional Olahraga Indonesia menyatakan dukungan terhadap Provinsi Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional tahun 2020.

Wakil Ketua Tim  pemenangan tuan rumah  PON 2020 Papua, Petrus Ell di Biak, Kamis mengakui dukungan 23 KONI Provinsi Indonesia untuk tuan rumah PON 2020 Papua  sudah diterima saat KONI Papua melakukan  road show ke berbagai pengurus induk olahraga provinsi.

"Enam KONI Provinsi yang tidak memberikan tanggapan untuk Papua menjadi tuan rumah PON 2020 yakni Bali, Jawa Tengah, Kalimantan Barat,  Sumatera Utara, Nanggro Aceh Darussalam dan Sulawesi Selatan," ungkap Petrus Ell menanggapi roadshow pemenangan PON 2020 Papua.

Ia mengatakan, alasan enam KONI Provinsi tidak mendukung PON Papua 2020 karena punya alasan keinginan sama dengan Papua  menjadi tuan rumah pesta olahraga Nasional di tanah Air.

Terhadap keinginan enam Provinsi menjadi pesaing Papua sebagai tuan rumah PON 2020, lanjut Petrus, tidak masalah karena hal demikian merupakan keputusan KONI setempat.

Petrus Ell mengatakan, untuk mewujudkan impian Papua menjadi tuan rumah PON 2020 akan didaftar resmi Gubernur Papua Lukas Enembe  kepada pengurus KONI Pusat di Jakarta pada November mendatang.

"Pada pendaftaran Papua tuan rumah Papua 2020 di KONI Pusat Gubernur Lukas Enembe  akan didampingi 29 Bupati/Walikota se Papua," ungkap mantan Koordinator Kontras Papua.

Petrus Ell mengatakan, untuk persiapan Papua tuan rumah PON 2020 sejumlah Kabupaten diantaranya Biak Numfor, Merauke, Timika serta  Jayapura akan menjadi tempat pertandingan berbagai cabang olahraga.

"Sebagai contoh Biak punya sirkuit balapan terbaik, maka daerah ini disiapkan lokasi pertandingan cabang otomotif," kata Petrus Ell.

Ia mengajak semua elemen masyarakat di tanah Papua untuk mendukung keinginan Gubernur Papua Lukas Enembe dalam menjadikan Papua sebagai tuan rumah penyelenggara Papua 2020.

Pada PON 2020 diharapkan menjadi era kebangkitan olahraga dan  atlet berpotensi Papua untuk membela Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia di ajang pertandingan Nasional dan Internasional.

Editor: M. Tohamaksun
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar