Harga Sawit Petani Lampung Selatan Anjlok

id Harga Sawit Petani Lampung Selatan Anjlok

Kalianda, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Harga tandan buah segar (TBS) sawit di tingkat petani Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung anjlok dalam beberapa pekan terakhir.

"Harga sawit saat ini hanya Rp900/kilogram, sebelumnya Rp1.300/kilogram," kata Sutomo, salah satu petani di Desa Kertosari Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan, Jumat (6/9).

Menurutnya, harga itu merupakan harga pembelian dari petani ke para pengumpul yang akan menjual kembali kepada pabrik pengolah tandan buah segar sawit setempat.

Dengan penurunan harga itu, kata dia, sangat berdampak pada pendapatan para petani sawit setempat karena keuntungan dari hasil panen sangat sedikit setelah dipotong biaya operasional tenaga kerja pemanen dan juga perawatan rutin seperti pemupukan rutin dan pencegahan gulma tanaman.

"Serendah-rendahnya harga sawit itu Rp1.500/kilogram agar sebanding dengan pengeluaran petani untuk perawatan kebun," kata dia.

Petani setempat lainnya, Rudianto mengatakan, saat ini harga sawit sedang turun pada kisaran Rp900/kilogram, sedangkan sebelumnya Rp1.350/kilogram.

Dengan harga itu, kata dia, secara otomatis mengurangi pendapatan petani hingga 30 persen dari sebelumnya.

"Panen sawit dilakukan sekitar sebulan sekali, mudah-mudahan panen depan harga naik lagi," katanya pula.