Makanan Sekolah Terkontaminasi Pestisida

id Makanan Sekolah Terkontaminasi Perstisida, India, Murid, pelajar, Makanan, makan, Tiwul, anak, Fatal, nasi, Suap, Punduh, Beras, padi

 Makanan Sekolah Terkontaminasi Pestisida

Murid-murid SD di Bandarlampung sedang menyanyikan lagu. (Foto Dok. ANTARA/M.Tohamaksun).

Anak-anak jatuh sakit dalam beberapa menit setelah makan makanan terdiri dari nasi dan kari kentang di ruang sekolah mereka pada Selasa, selain muntah-muntah dan kejang-kejang dengan kram perut yang menyiksa.:
Patna (Antara/Reuters) - Satu laporan forensik awal telah mengkonfirmasi bahwa makan siang gratis sekolah telah  menewaskan 23 anak pekan ini di negara bagian timur India, Bihar karena terkontaminasi pestisida, kata seorang pejabat senior polisi, Sabtu.

Anak-anak jatuh sakit dalam beberapa menit setelah makan makanan terdiri dari nasi dan kari kentang di ruang sekolah  mereka pada  Selasa, selain muntah-muntah dan kejang-kejang dengan  kram perut yang menyiksa.

Kematian itu memicu protes di Bihar. Makan siang adalah bagian dari Skema Meal Mid-Day India yang mencakup 120 juta anak dan
bertujuan untuk mengatasi masalah malnutrisi dan mendorong kehadiran di sekolah. Namun menarik  keluhan luas adalah keamanan pangan.

Laporan ini menemukan makanan tersebut disiapkan dengan minyak goreng yang mengandung Monokrotofos, suatu senyawa organofosfat yang digunakan sebagai pestisida pertanian, kata Ravindra Kumar, seorang pejabat senior polisi, kepada wartawan.

Polisi mengatakan pada Jumat mereka menduga minyak tersebut disimpan dalam wadah yang sebelumnya digunakan untuk menyimpan pestisida. Mereka masih mencari kepala sekolah sekolah, yang melarikan diri setelah banyaknya kematian itu.

Organisasi Kesehatan Dunia menggambarkan Monokrotofos sebagai
sangat berbahaya.

Penerjemah: A.Krisna.