Disbunhut Lampung Timur Tingkatkan Produksi Lada Berkualitas

id Disbunhut Lampung Timur Tingkatkan Produksi Lada Berkualitas, lada, kebun, merica, Lampung Timur, lamtim, Julianto

Disbunhut Lampung Timur Tingkatkan Produksi Lada Berkualitas

Buah Lada hasil panen petani di Provinsi Lampung. (Foto ANTARA Dok. /Gatot Arifianto).

Lada merupakan salah satu komoditas unggulan dari Lampung Timur, dan tidak semua kabupaten di Lampung sebagai penghasil lada."
Sukadana, Lampung Timur (ANTARA LAMPUNG) - Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Lampung Timur berupaya meningkatkan produksi lada berkualitas dengan mendorong petani daerah ini membudidayakan tanaman perkebunan secara maksimal.

"Lada merupakan salah satu komoditas unggulan dari Lampung Timur, dan tidak semua kabupaten di Lampung sebagai penghasil lada," kata Kepala Bidang Produksi Disbunhut Lampung Timur, Suryanto, di Sukadana Lampung Timur, Sabtu.

Menurut dia, komoditas lada asal Lampung Timur saat ini produksinya terus meningkat sehingga perlu pula ditingkatkan kualitas lada tersebut agar ekspor komoditas ini makin meningkat.

"Produksi lada dari petani Lampung Timur meningkat karena banyak petani yang panen, dan diharapkan petani dapat menghasilkan lada dengan kualitas yang lebih baik," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk memacu peningkatan kualitas lada tersebut, Disbunhut Lampung Timur melakukan berbagai upaya, antara lain, peningkatan pengembangan hasil pertanian (P2HP) dan sekolah lapangan penyakit hama tanaman (SLPHT).

Adapun kegiatan yang sedang berjalan, yakni kegiatan pemerintah pusat (P2HP) dan rehabilitasi tanaman lada.

"Program tersebut kami lakukan mengingat produksi tanaman perkebunan pada tahun 2008 meningkat. Oleh karena itu, melalui program ini diharapkan mampu meningkatkan hasil produksi tanaman perkebunan petani di Lampung Timur," ujar dia pula.

Menurut Suryanto, dalam melaksanakan program tersebut, pihaknya hanya memberikan sarana kegiatan.

Dishutbun Lampung Timur menyarankan kepada para petani dapat menggunakan bibit unggul dan memberikan pupuk yang seimbang.

"Jika bibit tersebut bagus dan layak untuk ditanam di lahan perkebunan, hasil yang didapat akan meningkat dan maksimal," katanya.

Dia juga menganjurkan petani lada memberikan pupuk seimbang, dan lebih baik menggunakan pupuk organik yang sesuai dengan anjuran untuk dapat menjaga kualitas tanaman tidak mudah mati atau rusak.

Selain itu, pihaknya masih mencari surat keputusan calon petani dan calon lahan untuk merancang program budi daya lada yang akan datang.