SDN Rawa Laut Kembali Juara Umum KOKO-MIPA

Ketua Komite Sekolah SMPN-1 Bandarlampung, Mirwan Karim (kanan) menyerahkan piala tetap kepada juara Umum Kompetisi Kompetensi Matematika-IPA (KOKO-MIPA) ke-3 tingkat SD se-Provinsi Lampung 2013 kepada Kepala SDN-2 Rawa Laut Bandarlampung, Titik Estiningsih (kiri).(FOTO ANTARA/M.Tohamaksun).

"Bagi anak-anak yang menerima sertifikat dan medali, nanti kalau berkenan dan berminat bisa dijadikan syarat untuk masuk ke SMPN 1 melalui jalur khusus, kecuali bagi yang tidak mau, misalnya akan sekolah ke luar Lampung, atau luar negeri."
Berita Terkait
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2  Rawa Laut Bandarlampung memboyong piala tetap, setelah tiga kali berturut-turut berhasil menjadi juara umum pada lomba Kompetisi Kompetensi Matematika-Ilmu Pengetahuan Alam (KOKO-MIPA) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Provinsi Lampung tahun 2013.

Keberhasilan itu, setelah SDN 2 Rawa laut menempatkan siswa terbanyak dari 21 peserta yang berhak mendapat medali emas, perak, dan perunggu pada lomba KOKO-MIPA yang diikuti 515 peserta utusan dari SD yang ada di Lampung, Banten, Bogor Jawa  Barat, dan DKI Jakarta, di SMP Negeri 1 Kota Bandarlampung, Sabtu (18/5).

Penyerahan piala tetap juara umum tersebut dilakukan oleh Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Bandarlampung Mirwan Karim kepada Kepala SDN 2 Rawa Laut Ny Titik Estiningsih, disaksikan Kepala SMPN 1 Bandarlampung Drs H Haryanto MSi, dan Tatang Supriyadi yang membidangi sekolah dasar mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung Sukarma Wijaya.

Kepala SMPN 1 Bandarlampung Haryanto menjelaskan, sebelumnya jumlah pendaftar lomba KOKO-MIPA tahun 2013 ini sebanyak 521 orang, namun sampai dengan pelaksanaan ada enam peserta yang tidak hadir, sehingga jumlah pesertanya menjadi 515 orang.

"Kami bersyukur pelaksanaan KOKO-MIPA tahun ini pesertanya meningkat, dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, dan hasilnya sudah distatistik yang valid serta bisa dipertanggungjawabkan, karena sejak pendaftaran, pelaksanan hingga koreksi dilakukan secara transparan dan terbuka," katanya.

Haryanto menambahkan, dari 515 peserta itu secara statistik dibuat peringkat satu hingga 515, dan panitia memberikan penghargaan berupa lima peserta terbaik mendapat medali emas, tujuh terbaik berikutnya medali perak, dan sembilan lainnya medali perunggu.

"Semula akan dipilih 20 terbaik, tetapi karena peserta peringkat 19, 20, dan 21 nilainya sama (258), maka menjadi 21 orang terbaik," katanya.

Kepada 21 peserta terbaik itu, kata Haryanto menambahkan, sertifikatnya bisa dijadikan persyaratan untuk mengikuti program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 1 Bandarlampung tahun pendidikan 2013/2014 melalui jalur khusus.

"Bagi anak-anak yang menerima sertifikat dan medali, nanti kalau berkenan dan berminat bisa dijadikan syarat untuk masuk ke SMPN 1 melalui jalur khusus, kecuali bagi yang tidak mau, misalnya akan sekolah ke luar Lampung, atau luar negeri," katanya pula.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung Sukarma Wijaya diwakili Tatang Supriyadi ketika menutup acara itu, menyambut baik diselenggarakannya lomba KOKO-MIPA 2013, dan mengharapkan bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang.

"Bagi yang berhasil menjadi yang terbaik jangan lekas berbangga hati, sebaliknya bagi yang belum berhasil jangan berkecil hati, karena masih banyak kesempatan," katanya.

Kepala SDN 2 Rawa Laut Ny Titik Estiningsih menanggapi keberhasilan para muridnya mengaku terharu dan sangat bangga, dan ia mengharapkan pada lomba KOKO-MIPA tahun berikutnya anak-anak didiknya masih tetap bisa merebut juara umum.

"Kami sangat bangga, walaupun persiapan agak mepet dan secara intensif hanya sekitar satu minggu. Kita harapkan anak-anak bisa juara lagi yang keempat kalinya nanti," katanya lagi.

                         Kepedulian Guru
Pada kesemepatan terpisah, Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Bandarlampung Mirwan Karim mengharapkan, para orang tua dan kepedulian para kepala sekolah serta guru SD lebih memperhatikan anak-anaknya yang berprestasi untuk bisa mengikuti KOKO-MIPA yang akan datang.

"Masih banyak kepala sekolah dan guru SD yang tidak mengirimkan anak-anak didiknya ke lomba KOKO-MIPA ini, padahal jumlah SD di Provinsi Lampung ini banyak. Di Kota Bandarlampung saja ada sekitar 300-an SD Negeri, belum lagi yang swasta," katanya.    

Berikut nama-nama siswa 21 besar hasil Lomba KOKO-MIPA tingkat SD se-Provinsi Lampung tahun 2013:
    
===========================================================
Nomor:   N A M A           :                 ASAL SEKOLAH:            SKOR
---------------------------------------------------------------------------------------------------- 
1.  SHERLY TARISA D V                 SDN 5 TALANG                 329
2.  EVA MAISARAMITA G              SDN 2 R AWA LAUT         317
3.  M RAFLI ZAMZAMI                   SDN 2 RAWA LAUT          308
4.  INDAH NUR RAHMADHANI    SDN  5 TALANG                304
5.  MUHAMMAD PADHIL F           SDN 2 RAWA LAUT           299
6.  NISRINA ATHIRAH T                 SD DHARMA BANGSA    295
7.  CHACA AJENG PRATIWI          SDN 2 RAWA LAUT           291
8.  ACHMAD DAFFA M                   SDN 2 RAWA LAUT           278
9.  SEVIA DWI LEONY                    SDN 1 RAWA LAUT           278
10. SARAH LATIFA RAHARJA       SDN 1 RAWA LAUT           272
11. DINDA PUTRI AZZAHRA         SD KARTIKA II-5               270
12. RARA VASYA PUTRI                 SDN 2 RAWA LAUT           269
13. BUDIMAN ARBENTA                SDS TNS MKR IND            267
14. M DAFA SYOFAZ SM                 SDN 2 RAWA LAUT           266
15. ALMA ABIGAIL PAMARTA      SD FRANSISCUS 1             265
16. NAJMA FADHIA                         SDN 1 RAWA LAUT           263
17. AULIA GUSLI ARRAHMAN     SDN 1 RAWA LAUT           262
18. NAYARANI HUMAIRA              SDN 2 GEDONG AIR         259
19. CALLISTA MAHARANI A         SDN 2 LABUHAN RATU   258
20. ADELYA VASYA                         SDN 2 RAWA LAUT           258
21. DHIYA AMA ULHAQ                 SDN 2 RAWA LAUT           258

Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar