Gubernur Lampung Restui Joko Umar Said Maju Pilgub

Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said (kiri). (Foto ANTARA/M.Tohamaksun).

Joko dinilai cukup berpengalaman di birokrasi sehingga dapat dengan baik mengatur pemerintahan bila dia berhasil terpilih menjadi gubernur Lampung,"
Berita Terkait
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Gubernur Lampung Sjachroedin ZP menegaskan bahwa dirinya merestui MS Joko Umar Said Wakil Gubernur Lampung saat ini, untuk maju sebagai calon gubernur pada pemilihan gubernur Lampung mendatang.

"Saya setuju Wakil Gubernur Lampung itu maju sebagai calon gubernur pada pilgub mendatang," kata dia, di Bandarlampung, Senin (6/5).

Menurut Sjachroedin, Joko dinilai cukup berpengalaman di birokrasi sehingga dapat dengan baik mengatur pemerintahan bila dia berhasil terpilih menjadi gubernur Lampung.

Ia menyatakan bahwa dirinya memilih Joko Umar Said sebagai pasangan pada Pilgub Lampung 2009 lalu karena pengalamannya di pemerintahan.

Namun menurut dia, meskipun dirinya sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan  Provinsi Lampung, tetapi yang menentukan calon gubernur pada pilgub mendatang adalah DPP PDI Perjuangan di Jakarta.

"Saya tidak mempunyai kewenangan menentukan calon gubernur," katanya pula.

Sebelumnya diberitakan, para petani di Kabupaten Lampung Tengah mendukung Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said untuk maju dalam pilgub mendatang.

"Kami petani di sini mendukung Pak Joko untuk maju menjadi gubernur Lampung pada pilgub mendatang," kata Wayan Rerate, petani di Desa Rama Dewa Kecamatan Seputih Raman Lampung Tengah.

Ia menyebutkan, sosok Joko sangat cocok untuk membangun Lampung terutama sektor pertanian, mengingat wakil gubernur Lampung itu sebelumnya adalah penyuluh dan hingga saat ini tetap terus fokus untuk meningkatkan pembangunan sektor tersebut.

Selain itu, ujar dia, wakil gubernur Lampung tersebut juga merupakan sosok yang pintar, sederhana, bersahaja dan tidak kaku serta mengesampingkan aturan protokoler.

Made, salah satu warga Seputih Raman lainnya mengatakan bahwa pada pemilihan gubernur mendatang dirinya menginginkan sosok yang berpihak kepada petani.

Ia mengatakan bahwa sebagian besar penduduk Lampung tinggal di perdesaan dan bekerja sebagai petani, pekebun, dan nelayan sehingga diperlukan pemimpin yang memahami sektor pertanian.

"Sosok yang tepat untuk memimpin Lampung ke depan yakni Pak Joko Umar Said," katanya pula.

Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said di depan para petani mengisyaratkan akan mengkuti perebutan kursi nomor satu di Provinsi Lampung.

"Insya Allah saya akan maju menjadi calon gubernur pada pilgub mendatang, mengingat dukungan petani dan masyarakat di Lampung cukup besar," katanya.

Hingga kini sejumlah tokoh diprediksi berminat mencalonkan diri menjadi gubernur pada pilgub Lampung.

Berdasarkan jadwal KPU Provinsi Lampung, pemungutan suara pilgub Lampung akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2013.

Sejumlah tokoh yang terlihat telah memasang poster dan rutin melakukan sosialisasi di tengah masyarakat untuk menjadi calon kepala daerah itu, di antaranya Herman HN (Wali Kota Bandarlampung), Berlian Tihang (Sekdaprov Lampung), Kol Amalsyah Tarmizi (Danrem 043/Garuda Hitam), M Alzier Dianis Thabranie (Ketua DPD Partai Golkar Lampung), Mukhlis Basri (Bupati Lampung Barat), dan sejumlah pengusaha, pejabat daerah, birokrat, pengusaha juga pimpinan parpol di Lampung lainnya.

Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar